Ada setidaknya 4 mobil Jepang spesial di Indonesia. Populasinya tidak banyak, jadi bisa dibilang mobil-mobil tersebut rare alias jarang terlihat di jalanan.
Beberapa tahun silam, beberapa pabrikan otomotif menjual mobil yang punya bentuk ataupun spesifikasi mesin spesial. Kenapa spesial, karena kala itu di kelasnya hampir tidak ada kompetitor. Langsung saja, berikut 4 mobil Jepang spesial yang sempat beredar di Indonesia:
1. Suzuki Ertiga Diesel
Mobil Jepang spesial di Indonesia pertama ada Suzuki Ertiga Diesel yang meluncur pada 2017.
Mobil ini mengusung mesin berkode D13A, mesin Multijet 1.3 liter hasil pengembangan bersama Fiat dan General Motors.
Dapur pacu Suzuki Ertiga Diesel sama persis dengan Chevrolet Spin diesel yang juga sempat dijual di Indonesia. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mampu menyemburkan hingga 89 PS dengan torsi sebesar 200 Nm pada 1.750 rpm.
Meski punya basis mesin sama dengan Chevrolet Spin, Ertiga diesel terbilang lebih unggul dalam teknologinya, yaitu dengan adanya mild hybrid SHVS. Sistem tersebut SHVS berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya yang mengandalkan dua sumber tenaga.
Smart Hybrid Vehicle by Suzuki menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) yang berfungsi sebagai altenator dan generator untuk menyimpan energi terbuang dari pengereman (brake regeneration).
2. Chevrolet Tavera
Biarpun mengusung nama Chevrolet, tapi percayalah, isinya ‘Jepangan’. Inilah Chevrolet Tavera. Mobil MPV ini beredar di Indonesia pada tahun 2001 hingga 2002.
Yang menarik dari Chevrolet Tavera adalah punya bentuk yang sama persis dengan Isuzu Panther. Bukan tanpa alasan, mobil ini mengambil basis dari varian Panther Touring.
Meski tampilan eksterior dan interior Tavera identik dengan Panther Touring, mesinnya ternyata berbeda. Wajar saja, Tavera menggunakan mesin bensin, sedangkan Panther terkenal dengan dieselnya. Makanya ada saja yang bilang ini Panther bensin.
Tavera mengadopsi mesin 4 silinder 2.200 cc SOHC dengan Multi Port Fuel Injection, yang dapat menghasilkan tenaga 114 hp dan torsi sekitar 176 Nm.
Mesin tersebut tak jauh berbeda dengan yang digunakan oleh Blazer Montera. Saat baru diluncurkan, mobil ini dibanderol di angka Rp 160 jutaan.
3. Toyota Kijang Innova 2.7
Selanjutnya ada Toyota Kijang Innova 2.700. Mobil ini sering dijuluki Innova Arab karena populasi innova 2.700 cc sangat banyak di negara Arab.
Pada Innova generasi ini, varian tertingginya bukan tipe Q maupun Venturer, tapi pada saat itu Innova 2.7 V diposisikan sebagai flagship atau trim tertingginya dengan captain Seat bertransmisi matik.
Innova 2.7 menggunakan mesin berkode 2TR-FE 2.694 cc 4 silinder VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Fortuner.
Tenaganya diklaim mencapai 160 hp di putaran mesin 5.200 rpm dan torsi maksimal di angka 240 Nm pada putaran 3.800 rpm. Mobil ini hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan ECT.
4. Mitsubishi Pajero Sport Bensin V6
Mobil Jepang spesial di Indonesia berikutnya ada Mitsubishi Pajero Sport bensin V6 yang meluncur pada 2014 lalu.
Sekilas, secara tampilan tidak ada perbedaan antara Mitsubishi Pajero Sport mesin diesel dan bensin, namun dibalik dapur pacunyam tenaga yang dihasilkan berbeda.
Perbedaan lainnya ada di emblem kecil di bagian fender mobil yang bertuliskan V6 MIVEC dan V6 3.0 di pintu bagasi. Dibalik kap mesin, Mitsubishi membekali Pajero Sport bensin dengan mesin 6B31 V6 2.998 cc bisa menghasilkan tenaga hingga 216 hp dengan torsi puncak mencapai 281 Nm.