Deretan Crossover SUV Terbaru di IIMS 2023, Siapa Tahu Mau Beli

21 February 2023 | 7:01 pm | Indra Alfarisy

Salah satu daya tarik pameran mobil adalah kehadiran mobil baru. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 juga begitu. Pameran yang berlangsung 16-26 Februari ini diwarnai peluncuran kendaraan baru. Namun yang kami perhatikan adalah, semaraknya kehadiran SUV di IIMS 2023.

Tahun ini, pasar SUV kecil sepertinya lebih sexy dibanding MPV kelas bawah macam Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Beberapa merek menampilkan mobil dengan status all new, ada juga yang merupakan edisi khusus atau mobil konsep. Mobil baru di IIMS 2023, yang berbentuk SUV compact kami sarikan di bawah.

Hyundai Creta Dynamic Black Edition

Hyundai Creta Dynamic Black

Harga: Rp 350 juta (OTR DKI)

Ini adalah edisi khusus yang tampil dengan warna hitam di seluruh badannya. Creta Dynamic Black Edition dikatakan merupakan jawaban dari permintaan konsumen. Dan muncul pertama kali di IIMS 2023

Bagian eksterior secara keseluruhan sama Creta yang lain. Yang pasti, pelek 17-inci, grille, side skirt dan body kit depan belakang diguyur warna hitam. Menarik memang, meski terlihat biasa saja.

Interiornya juga tidak terlalu beda dengan Hyundai Creta lain. Layar multimedia 8-inci yang bisa tersambung dengan smartphone, wireless charger serta auto climate control jadi fitur utama. Tidak lupa, terpasang juga fitur Hyundai Bluelink untuk pengaturan jarak jauh. Seperti menyalakan mesin, AC dan sebagainya.

Baca juga :  HSR Speedster Hadirkan Penampilan Timeless Design

Mesin yang terpasang masih 1,5 liter dengan tenaga maksimum 113,4 hp pada 6.300 rpm. Torsi puncak sebesar 143,8 Nm tersedia pada 4.500 rpm. Sebagai penyalur daya ke roda depan, terpasang transmisi yang disebut IVT (Intelligent Variable Transmission).

Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara 2023 IIMS

Harga: Belum Diumumkan

Mungkin salah satu daya tarik IIMS tahun ini. Suzuki Grand VItara hadir dengan bentuk dan kemampuan yang sama sekali baru. Bentuknya juga cukup menarik perhatian.

Interior terlihat memiliki kualitas yang cukup baik. Meski bukan yang terbaik. Tapi fiturnya cukup lengkap. Ada panoramic sunroof yang lebar, heads-up display di depan pengemudi untuk menampilkan informasi berkendara. Ada juga kamera pantau 360 derajat dan enam airbag sebagai fitur keselamatan. Kenyamanan berkendara didukung oleh jok berventilasi dan sistem infotainment canggih.

Di dalam ruang mesin terpasang penggerak K15C seperti yang dipakai oleh Suzuki Jimny. Lengkap dengan sistem mild hybrid persis yang dipakai oleh Ertiga Hybrid. Dengan baterai lithium-ion 12 volt, mengandalkan ISG atau Starter Generator. Tenaganya tidak terlalu istimewa. 102 hp dan torsi hingga 138 Nm. Harusnya angka ini cukup untuk diandalkan sebagai mobil harian.

Wuling Alvez

Wuling Alvez

Harga: Rp 209 juta – Rp 295 Juta

Tidak pelak, inilah SUV compact di IIMS 2023 yang paling mengejutkan. Selain harganya yang cukup terjangkau, fiturnya membuat minder Suzuki Grand Vitara. Dengan harga Rp 295 juta, Anda mendapatkan SUV compact dengan fitur bantu berkendara yang lengkap.

Baca juga :  Project Espresso, Saat Bugatti Coba Bikin Mobil Untuk...Suzuki?

Mulai dari pengereman otomatis hingga cruise control adaptif dan traffic jam assist. Kalau Anda memperhatikan pergerakan Wuling, ini serupa dengan yang dipasang di Wuling Almaz RS atau RS Hybrid.

Interiornya juga tidak terlalu rendah kualitasnya. Paling tidak, terlihat jelas Wuling berusaha untuk memaksimalkan kualitas interior dengan harga yang mereka tawarkan. Sepengamatan kami, bahan empuk (padded) ada di tempat yang akan Anda sentuh langsung. Jok dan setirnya terbungkus kulit.

Namun mesin dan performa Wuling Alvez terbilang biasa saja. Kapasitas 1,5 liter tidak dibekali turbocharger, dengan daya 105 hp. Torsinya juga biasa saja, 143 Nm. Transmisi yang tersedia 6-speed manual (untuk versi paling murah) atau CVT.

Soal rasa berkendara, sepintas info dari tim Motomobi yang sudah mencoba di area test drive IIMS 2023, mobilnya agak keras, terutama di bagian belakang. Tapi harus dicoba lebih dalam lagi untuk bisa mengambil kesimpulan akhir.

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport

Toyota Corolla Cross Hybrid GR-S

Harga: Rp 602.100.000

Dari semua kendaraan SUV di atas, Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport (panjang sekali namanya) mungkin yang paling menarik. Sekaligus paling mahal.

Wajar, dengan harga Rp 600 jutaan, Anda mendapatkan mobil hybrid yang mumpuni dan diberikan aksesoris tambahan berupa body kit lengkap. Tidak hanya itu, kemampuan kaki-kaki juga ditingkatkan supaya rasa GR bisa terasa. Interiornya juga menyenangkan, meskipun tidak ada yang mengejutkan.

Baca juga :  Volvo Stop Bikin Mobil Bermesin Diesel

Corolla Cross Hybrid GR Sport juga jadi varian pertama yang dibekalkan paket fitur keselamatan TSS. Isinya seperti biasa ada adaptive cruise control, pre collision system, lane keeping, lane departure warning.

Mesin bensinnya tetap empat silinder 1,8 liter. Tenaganya 96,6 hp, torsi 142 Nm. Dengan tambahan hybrid berupa motor elektrik berkekuatan 71 hp dan momen puntir maksimum 162,7 Nm.

Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 IIMS 2023

 

Harga: Rp 328 juta dan Rp 398 juta

Chery Omoda 5 tampil untuk kedua kalinya ke hadapan publik di Indonesia. Yang pertama adalah saat GIIAS 2022 lalu, untuk memperkenalkan. Kali ini Chery Indonesia resmi menjual Omoda 5 dalam varian Z dan RZ. Harganya masing-masing adalah Rp 328 juta dan Rp 398 juta, OTR DKI.

Di dalam kap mesinnya tersedia mesin empat silinder 1,5 liter turbocharged. Daya yang dihasilkan adalah 145 hp, dengan torsi puncak 230 Nm. Transmisinya mengandalkan CVT. Sayang sekali, versi hybrid tidak dibawa ke Indonesia.

Desainnya menarik, dengan grill yang seperti jadi satu kesatuan dengan body. Desain ini disebut Art In Motion. Chery Omoda 5 memiliki lebar 1.830 mm. Atap yang rendah membuat mobil ini ini seperti berotot. Tingginya sendiri, 1.585 mm. Sedangkan panjang keseluruhan adalah 4.400 mm.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x