Menelisik Wuling Alvez 2023 Yang ‘Sikat Kanan-kiri’ Dengan Harga dan Fitur

18 February 2023 | 9:41 am | Indra Alfarisy

Kemunculan Wuling Alvez 2023 membuat kehebohan tersendiri di kalangan jurnalis otomotif nasional. Apalagi kalau bukan karena harganya yang menggiurkan. Sebelum muncul, perkiraan banderolnya mulai dari Rp 300 jutaan. Namun ternyata meleset jauh.

Wuling Alvez dihargai mulai dari Rp 209 jutaan! Paling mahal (varian EX) Rp 295 jutaan untuk harga OTR DKI Jakarta. Ini memunculkan beragam spekulasi. Mulai dari kenapa bisa murah hingga apa saja isi di dalamnya.

Wuling Alvez

Lebih mengejutkan lagi, ternyata fiturnya komplit, terutama untuk varian EX. Ada fitur bantu berkendara ADAS yang lengkap. Mulai dari Adaptive Cruise Control, traffic jam assist, Collision Mitigation System, Lane Keeping Assist dan lainnya. Intinya, ini fitur yang harusnya tidak murah.

Belum lagi ada sunroof, fungsi remote control (menyalakan mesin dari jauh), head unit dengan kemampuan konektivitas internet, jok kulit dan sebagainya. Semua itu ada di Alvez varian tertinggi yang harganya kurang dari Rp 300 juta. Kalau ini tidak membuat pabrikan lain khawatir, kami tidak paham lagi.

Untuk menjawab pertanyaan yang berkembang, Wuling memanggil kami untuk menjelaskan sebenarnya apa yang bisa membuat produk barunya ini murah. Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Indonesia menjelaskan. Harga ini pertama melalui proses riset, kemudian hasilnya mereka implementasikan melalui beragam inovasi yang dilakukan.

Baca juga :  Great Wall Motor Mulai Beroperasi Penuh, Ini Harga Mobilnya

Meski tidak menjelaskan secara detil apa saja inovasi yang dilakukan. “Intinya adalah, inovasi,” tegas Dian. Kami tetap tidak paham.

Kompetitor Wajib Waspada

Yang kami paham adalah, Wuling memberikan Alvez hampir segala yang diharapkan. Paling tidak secara kemampuan. Dengan harga Rp 295 juta, Anda mendapatkan mobil segmen B, seukuran Honda HR-V. Isinya setara dengan HR-V varian tertinggi yang harganya Rp 400 jutaan.

WRV Raize

Tidak hanya itu, yang terancam juga mobil-mobil di segmen bawahnya, Honda WR-V, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ok, Toyota Raize paling mahal (1.0 GR Sport) masih lebih murah Rp 18 jutaan. Tapi dengan selisih itu, Anda mendapatkan segala yang ada di Raize GR Sport dan Honda HR-V plus traffic jam assist, rem parkir elektrik, voice command (WIND), IoV (Internet of Vehicle) hingga sunroof. Menggoda? Ya pasti. Tinggal bagaimana kualitas yang diberikan oleh Wuling untuk mobil ini.

Performa

Di atas kertas, mulai terlihat kenapa harganya bisa ditekan. Spesifikasi mesinnya sebetulnya biasa saja. Mesin empat silinder segaris DOHC tidak dilengkapi turbo. Menghasilkan 105 hp pada 5.800 rpm. Torsi puncak sebesar 143 Nm di 4.000-4.600 rpm. Biasa saja. Dibanding HR-V 1,5 tanpa turbo, kemampuan penggerak Wuling Alvez jauh di bawahnya (120 hp vs 105 hp).

Mesin Wuling alvez 2023

Transmisi Alvez 2023 diberikan dua opsi. Manual 6-speed untuk varian SE, sedangkan dua yang lainnya CVT. Sementara untuk penghenti laju, hanya tipe EX yang diberikan empat disk brake. Yang lainnya mengandalkan tromol untuk rem belakang.

Baca juga :  Nissan Luncurkan GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition

Kelengkapan Eksterior

Wuling Alvez 2023 memiliki bentuk yang serupa di setiap varian. Namun kelengkapan eksteriornya cukup berbeda. Contohnya, dua varian tertinggi, EX dan CE dibekali pelek alloy. Namun Alvez SE seharga RP 209 juta hanya diberikan pelek kaleng dengan dop.

Selain itu, lampu LED dengan proyektor hanya ada di Alvez EX, dua lainnya dibekali lampu halogen biasa. Bahkan untuk wiper pun dibedakan. Varian tertinggi diberikan model frameless, yang lain lebih konvensional.

Pelipatan spion secara elektrik juga hanya tersedia di tipe paling mahal. Namun ketiganya sudah diberikan kemampuan pengaturan spion elektrik.

Kelengkapan Fitur

Sekali lagi, Wuling Alvez EX adalah yang paling lengkap di keluarga ini. Tipe CE dan SE tidak punya kemampuan ADAS, WIND atau remote control app Wuling. Namun ketiganya dibekali kendali AC digital.

Dashboard Alvez

Layar instrumen berwarna TFT 7-inci tersedia di EX, sementara untuk CE mengecil jadi 3,5 inci. Lalu ALvez paling bawah hanya dibekali instrumen analog.

Rem parkir elektrik tidak tersedia di tipe tengah atau terbawah. Baru di Alvez EX dipakaikan rem parkir elektrik lengkap dengan kemampuan Auto Hold.

Nah, sekarang tinggal tunggu review dari kami. Dari penampakannya, sepertinya mobil ini meyakinkan. Tapi bagaimana rasanya, itu harus dibuktikan lagi. Tunggu saja.

 

3 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x