Deretan Mobil ‘Buas’ Bertenaga Lebih Dari 1.000 HP

12 April 2023 | 2:15 pm | Indra Alfarisy

Dunia otomotif yang selalu dinamis memang menarik untuk diamati. Termasuk perkembangan teknologi yang memungkinkan produsen mobil (atau motor) membuat sistem penggerak yang bertenaga besar. Membuat mobil berlari kencang sambil tetap menekan emisi karbon yang dilepas.

Di bawah ini adalah delapan mobil yang mengeluarkan daya lebih dari 1.000 hp, dalam kondisi standar. Dan daftarnya akan mengejutkan karena tidak ada Ferrari atau Lamborghini. Biasanya, dua merek itu harus masuk rumah modifikasi dulu untuk ‘dibukakan’ tenaganya. Berikut ini deretan mobilnya.

Tesla Model S Plaid

Tesla Model S Plaid

Karena ini mobil listrik, mungkin terasa wajar kalau performanya bagus. Tapi tetap saja, dengan angka 1.020 hp, untuk sebuah sedan keluarga, rasanya agak berlebihan. Meski tetap saja mengagumkan. Tidak cuma Model S Plaid, Model X yang mengusung varian Plaid juga memiliki performa serupa. Harga Model S Plaid juga tidak murah, US $131.190.

Dodge Challenger Demon SRT 170

Dodge Challenger SRT 170

Ini adalah versi Dodge Challenger yang dipersembahkan untuk para penyuka drag race. Bisa menghasilkan 1.025 hp dengan syarat mesin V8-nya diberikan BBM campuran bensin dan ethanol. Dan ya, ini kemampuan standar bawaan pabrik.

Kalau tidak pakai ethanol, Challenger Demon SRT 170 ini ‘hanya’ menghasilkan 900 hp. Tidak lupa, angka 170 yang tertera melambangkan campuran ethanol 170. Jadi, selain kencang dengan suara menggelegar, mobil ini menghasilkan emisi yang rendah. Dibuat hanya 3.300 unit dengan harga US $96.000.

Baca juga :  Perluas Jaringan Penjualan, Chery Tambah Dealer Di Bali

Mercedes-Benz AMG One

Mercedes-AMG One

Mercedes-AMG One adalah produk asli Mercedes-AMG tanpa membawa platform dari Mercedes-Benz. Tuner ini diberikan kebebasan untuk mendesain dan menghasilkan mobilnya. Tujuan utamanya adalah menerapkan teknologi yang ada di F1 ke sebuah mobil jalan raya.

Hasilnya sebuah mobil dengan mesin V6 berkapasitas 1,6 liter tapi punya daya 1.049 hp. Ini berkat penggunaan turbocharger, motor elektrik ala mesin F1 (MGU-K) serta satu motor listrik untuk roda depan. Dikombinasikan, semua dayanya menghasilkan angka tadi. Jangan lupa, mobil ini dibuat sebanyak 275 unit saja, dengan harga US $2,7 juta. Dan sudah ada yang punya semua.

Aston Martin Valkyrie

Untuk mobil ini Aston Martin membuat sendiri. Banyak nama besar di otomotif yang berkontribusi. Mereka menggandeng Red Bull Racing Advance Technology. Artinya, desainer F1 kenamaan, Adrian Newey punya andil di mobil ini. Target mereka adalah menghasilkan mobil jalan raya paling kencang yang pernah ada.

Di belakang kabin tertanam mesin V12 hasil kolaborasi Aston Martin dengan Cosworth. Tenaganya 1.160 hp. Kombinasikan hal tersebut dengan body yang aerodinamik, handling jempolan macam mobil F1.

Bugatti Chiron Super Sport 300+

Bugatti VEyron

Chiron Super Sport 300+ adalah satu dari sekian varian atau edisi khusus Bugatti Chiron. Mobil ini dari lahirnya sudah ditakdirkan untuk berlari kencang, Super Sport 300+ dibuat untuk bisa berlari lebih kencang dari versi Chiron biasa. Kehadirannya adalah untuk memperingati 110 tahun nama Bugatti. Dibuat hanya 30 unit untuk seluruh dunia.

Baca juga :  Begini Cara Kerja Teknologi Baru di Yamaha NMAX TURBO

Mesinnya sama seperti Chiron yang lain, namun mampu menghasilkan 1.580 hp melalui mesin W16 dengan empat turbocharger. Gearbox punya rasio yang lebih panjang, knalpot diganti menggunakan milik Bugatti Centodieci. Body dibuat dari carbon fiber dengan bemper depan belakang dirancang ulang agar lebih aerodinamis. Makanya terlihat lebih panjang.

Koenigsegg

Koenigsegg Jesko

Ada dua Koenigsegg yang ditampilkan. Dan keduanya adalah mobil kencang luar biasa. Pertama adalah sportscar Jesko yang bertenaga 1.603 hp. Didapat dari mesin V8 twin-turbo. Mobil ini bisa menenggak bensin dengan campuran ethanol 85 (E85). Dan dengan E85 itu tenaga 1.603 hp bisa dicapai. Kalau tidak, masih tersedia 1.281 hp. Dibuat hanya 125 unit saja dengan harga mulai dari US $2,8 juta.

Koenigsegg Gemera

Yang kedua adalah Koenigsegg Gemera yang akan dijual 2024 nanti. Pabrikan Swedia ini memperkenalkan Gemera sebagai mobil grand touring dengan empat tempat duduk. Plus mesin tiga silinder (iya 3-silinder) 2.0 liter bertenaga 590 hp. Plus sistem plug-n hybrid yang menghasilkan total daya 1.724 hp. Ya, mobil ini sejak muncul tahun 2020 lalu selalu membuat kami kagum. Mesin tiga silindernya tidak memakai camshaft jadi bobotnya hanya 70 kg.

Hennessey Venom F5

mobil kencang Hennessey Venom F5

Kalau kurang paham dengan Hennessey, ini adalah pabrikan mobil Amerika yang biasanya membuat mobil dari pabrikan lain lebih kencang. Tapi kadang, mereka menghasilkan sendiri mobilnya. Seperti Venom F5 ini.

Baca juga :  NMAA Undang Para Builder Otomotif Tampilkan Kreasinya

Dibuat oleh divisi Special Vehicle, diperkenalkan pertama kali tahun 2021 lalu. Target mereka adalah mobil yang mampu melewati kecepatan 480 km/jam. Karena itu Hennessey Venom F5 mengusung mesin V8 6,6 liter dengan turbo ganda. Tenaganya 1.817 hp. Dibuat hanya 24 unit, masing-masing harganya US $2,1 juta

Lotus Evija

Lotus Evija Fitipaldi paling kencang

Jujur kami tidak menyangka Lotus akhirnya mau melahirkan mobil kencang dengan tenaga lebih dari 1.000 hp. Dan mereka juga tidak main-main dalam menghadirkan Evija. Mobil listrik ini dibekali baterai 70 kWh yang dikembangkan bersama dengan Williams Advance Engineering. Nama yang tentunya tidak asing.

Lotus Evija dibekali empat motor listrik yang disebar di setiap roda. Masing-masing bertenaga 503 hp. Tenaga kombinasinya, menurut Lotus 2.011 hp dengan kecepatan puncak 347 km/jam. Evija akan dibuat sebanyak 130 unit saja, harganya US $2,3 juta.

Dari berbagai sumber

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x