Deretan Mobil Kesayangan Mendiang Ratu Elizabeth II

9 September 2022 | 6:35 pm | Aldi Prihaditama

Ratu Elizabeth II juga terlihat santai menggunakan kendaraan yang selayaknya rakyat biasa.

Sosok yang begitu disayang oleh masyarakat Tanah Britania, Ratu Elizabeth II, baru saja berpulang. Inggris pun berduka atas wafatnya tokoh pengayom rakyat yang berusia 96 tahun tersebut. Sosok yang lembut dan dihormati oleh banyak orang ini ternyata juga dekat dengan dunia otomotif. Sejak muda, Ratu Elizabeth II telah gemar menyetir sendiri di berbagai aktivitas, setidaknya banyak kendaraan yang ia gunakan.

Ia memang sering terlihat menggunakan kendaraan resmi buatan Bentley maupun Rolls-Royce, terutama ketika acara formal. Namun terkadang Ratu Elizabeth II juga terlihat santai menggunakan kendaraan yang selayaknya rakyat biasa. Mungkin Anda tidak menyangka bahwa beliau pun pernah menjadi seorang mekanik dan sopir truk di kala perang dunia kedua.

Kami pun merangkum sejumlah mobil yang Ratu Elizabeth II gunakan selama 70 tahun terakhir. Mulai dari kendaraan formal Rolls-Royce dan Bentley State Limousine, hingga beragam jenis Vauxhall, Daimler, maupun Land Rover. Ratu Elizabeth II memang tidak pernah memiliki surat izin mengemudi hingga akhir hayatnya, namun kemampuan menyetirnya mungkin lebih bagus daripada kami…

Land Rover Series 1

Keluarga Kerajaan Inggris memang telah lama memiliki hubungan erat dengan Land Rover. Kendaraan gagah ini pun menjadi salah satu alat transportasi yang seringkali digunakan oleh Ratu Elizabeth II di tahun-tahun awal setelah dilantik. Namun, Land Rover Series 1 ini memang istimewa, karena memiliki beberapa aspek kenyamanan bagi Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, meski pak sopir dijamin kerepotan dengan pengoperasian gigi transmisinya.

Baca juga :  Hyundai Creta 2024 Mau Hadir, Ada Mesin Baru?

Daimler Empress MkII

Desain bodinya yang klasik membalut bodi saloon empat pintu Daimler Empress ini. Setelah naik tahta, Ratu Elizabeth II sering menggunakan mobil ini sepanjang era 1950an. Mesinnya berkapasitas 3.0 liter, interiornya begitu mewah dan terdapat meja dari kayu walnut. Mobil ini memang langka, karena hanya diproduksi sebanyak 33 unit saja dan dibuat oleh karoseri Hooper.

Lagonda 3-litre Mk1 Drophead Coupé

Pangeran Philip menggunaan MG TC saat menikah dengan Ratu Elizabeth II. Setelah naik tahta, maka MG tadi digantikan oleh Lagonda 3-litre Drophead Coupé. Hanya 20 unit Mk1 yang pernah dibuat oleh Lagonda dan merupakan satu-satunya yang menggunakan fungsi atap elektronis. Super-canggih di zamannya. Pangeran Philip juga menyukai inovasi dan teknologi, wajar saja jika ada perangkat radio telepon yang memiliki akses langsung menuju Istana Buckingham.

Rolls-Royce Phantom IV State Landaulette

Mobil ini memiliki bentuk bodi yang unik buatan karoseri Hooper dan dioperasikan oleh Royal Mews sepanjang tahun 1959 hingga 2002. Mobil yang diproduksi hanya 18 unit ini memiliki mesinnya delapan silinder segaris 5.7 liter. Kendaraan Ratu Elizabeth II ini memiliki nomer chassis 4BP5, memiliki perangkat ventilasi dan pemanas khusus, radio keamanan dengan speaker eksternal. Bodi bergaya landaulette memungkinkan atap pada ruang penumpang belakang dapat dibuka.

Ford Zephyr Estate

Setelah anak-anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip semakin dewasa, maka mereka memerlukan mobil praktis yang mampu digunakan. Memang saat itu belum ada Sport Utility Vehicle (SUV), maka beliau memesan sebuah Ford Zephyr dengan atap lebih tinggi dan ruang kargo lebih besar, bahkan dapat membawa 9 orang penumpang sekaligus. Banyak trim kayu dan komponen berlapiskan chrome pada Ford spesial ini.

Baca juga :  Bedah Deretan Teknologi Baru Pada Yamaha NMAX TURBO

Rolls-Royce Phantom V State Limousine

Mungkin inilah limosin paling tersohor di Inggris, ya Rolls-Royce Phantom V State Limousine. Karena masa baktinya sejak era 1960an hingga tahun 2000an. Ketika masih digunakan oleh Ratu, logo Spirit of Ecstasy pada grille diganti dengan maskot St George & The Dragon. Kini Rolls-Royce ini berada di Sandringham Estate.

Vauxhall Cresta PA Friary Estate

Vauxhall Cresta ini menggantikan posisi Ford Zephyr yang sebelumnya digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Karena beliau amat mencintai produk dari perusahaan Inggris, maka Vauxhall menjadi pilihannya. Konversi bodinya dilakukan oleh Friary Motors of Basingstoke, termasuk pelindung ruang bagasi agar dapat membawa anjing Corgi kesayangan Ratu, rak senapan untuk berburu, dan pengunci joran pancingan pada bagian atap.

Rover 3.5-litre P5B

Ibu Suri dan Ratu memang antusias dengan produk Rover, termasuk para perdana Menteri. Meskipun biasanya dikendarai oleh sopir, namun tak jarang Ratu Elizabeth menyetir sendiri Rover saloon ini. Banyak anggapan kalau Rover ialah Rolls-Royce versi hemat, tapi interiornya memang terbukti mewah dan dilengkapi radio telepon khusus.

Land Rover Series III

Land Rover spesial ini memiliki kompartemen belakang yang terbuka dan dilengkapi instrumen untuk memberi instruksi sopir untuk jalan atau berhenti. Joknya pun menggunakan material kulit warna putih. Land Rover Series III produksi tahun 1978 ini dijual pada tahun 2012, saat odometernya masih sekitar 3.000 kilometer saja.

Daimler Double Six LWB

Mobil ini memang menjadi mobil pribadi Ratu Elizabeth selama beberapa tahun. Ia memesan khusus warna hijau sesuai seleranya, yakni Gavin Green. Interiornya pun unik, dengan jok mewah dan empuk, serta seingkali ditumpangi oleh tiga anjing Corgi kesayangan Ratu. Mesin mobil ini ialah V12 5.2 liter bertenaga 272 hp, top speed pun lebih dari 200 km/jam.

Baca juga :  Pabrik GAC Aion Bisa Bikin Mobil Kurang Dari Satu Menit

Daimler V8 Super Saloon LWB

Daimler ini merupakan mobil pribadi Ratu selama tiga tahun dan memiliki warna British Racing Green. Modifikasi yang dilakukan oleh Daimler ialah armrest dengan sliding holder, khusus dirancang untuk tas milik Ratu Elizabeth II.

Bentley State Limousine

Bentley memberi hadiah kepada Ratu Elizabeth II, dua unit State Limousine, ketika perayaan Golden Jubilee, atau momen 50 tahun bertahta. Mobil bermesin V8 twin-turbocharger ini memiliki basis limosin Bentley Arnage, namun atapnya lebih tinggi. Kaca anti peluru, panel bodi tebal, bannya pun menggunakan bahan Kevlar, bahkan kabinnya pun kedap dari serangan gas dari kaum penjahat.

Land Rover Defender 110

SUV macho ini diyakini menjadi mobil favorit Ratu Elizabeth II. Land Rover Defender 110 tahun 2002 yang telah dimodifikasi ini menggunakan mesin V8 4.2 liter, suspensi yang jangkung, bahkan joknya pun menggunakan bahan kulit berwarna hijau. Mobil ini terlhat sering digunakan Ratu saat aktivitas berburu di alam bebas bersama keluarga.

Range Rover LWB Hybrid

Sepertinya Ratu Elizabeth II telah mengendarai aneka tipe Range Rover sejak tahun 1970. Unit landaulette bermesin hybrid ini memiliki atap terbuka dengan platform yang ditinggikan. Bahkan Range Rover ini ialah satu-satu yang mengusung teknologi hybrid, sebelum nantinya resmi diperkenalkan pada tahun 2025.

Aldi Prihaditama

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x