Honda TN Series, Pickup Pertama Honda dan Sempat Jadi Angkot

4 September 2023 | 5:08 pm | Aldi Prihaditama

Melihat lini produk Honda sekarang, mungkin tidak terbayangkan bahwa Honda dulu pernah menjadi angkutan kota alias angkot. Mobil pertama Honda merupakan mobil pickup bernama T360 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1963. Kesuksesan T360 membuka jalan bagi TN Series yang identik dengan mobil angkutan kota. 

Dari Sepeda dengan Genset Hingga Membuat Mobil

Ketika sebuah mobil lewat di sebuah desa di Shizuoka, hal kecil ini menginspirasi Soichiro Honda untuk mempelajari mobil sehingga akhirnya menjadi mekanik dan akhirnya mendirikan pabrik ring piston pada tahun 1937. Sayangnya pabrik Honda luluh lantak setelah perang dunia kedua dan terpaksa harus menjual pabrik. Namun Honda tidak patah arang dan mencoba mengawinkan rangka sepeda dengan mesin genset untuk radio tentara yang banyak menjadi surplus. Kendaraan pertama dengan nama Honda akhirnya lahir pada tahun 1947. 

Hanya dalam waktu 1 dekade Honda tumbuh menjadi salah satu produsen sepeda motor besar dari Jepang dan bahkan produknya sudah diekspor hingga Amerika. Namun ambisi Honda belum selesai dan ketika Pemerintah Jepang mengumumkan proyek mobil rakyat. Honda memutuskan untuk terjun ke empat roda. Pada tahun 1958 Honda resmi memulai pengembangan mobil. 

Awalnya Honda mengembangkan sedan sesuai dengan arahan Pemerintah Jepang. Namun ditengah jalan Soichiro Honda memerintahkan timnya untuk membuat mobil sport dengan alasan Honda akan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Namun atas saran dari Senior Managing Director Takeo Fujisawa, akhirnya para engineer Honda dibagi untuk membuat mobil sport dan pickup. 

Baca juga :  Alva Gaet Otoklix, Perkokoh Layanan After Sales di Jabodetabek

Akhirnya pada tahun 1963 mobil pertama Honda yaitu T360 lahir, awalnya Soichiro Honda menginginkan mobil sportnya untuk menjadi model pertama Honda, namun perubahan spesifikasi membuat mobil sport Honda tertunda dan baru lahir 4 bulan setelah T360 dengan peluncuran S500. Tercatat T360 menjadi produk Honda yang cukup sukses dengan hampir 100 ribu unit diproduksi hingga tahun 1968. 

TN Series, Kendaraan Komersial Inovatif Yang Menjadi Template Pickup Honda

Perkembangan industri mobil yang cepat berubah membuat Honda mempersiapkan penerus dari seri T360 dan pada tahun 1967 Honda TN360 yang menjadi model pertama di seri TN akhirnya lahir. Berbeda dengan desain mobil komersial pada umumnya, TN360 menggunakan chassis semi monokok yang membuat TN360 lebih nyaman dan kokoh. 

Kemudian perubahan terbesar TN360 terdapat pada mesinnya yaitu 2 silinder berpendingin udara SOHC 354 cc yang merupakan pengembangan dari unit yang digunakan sepeda motor CB450 yang mampu menghasilkan tenaga 30 hp dan torsi 29 Nm. Mesin ini juga dipakai oleh sedan N360 dan dipasangkan dengan transmisi manual 4-speed. 

Posisi mesinnya sendiri cukup unik yaitu berada ditengah dengan penggerak roda belakang, layout ini sendiri menjadi ciri khas pickup Honda kedepannya. Untuk suspensi TN360 menggunakan model independen MacPherson strut dengan per keong di depan dan De Dion tube dengan per daun di belakang, sistem suspensi ini dipercaya Honda memiliki daya tahan kuat serta sederhana sehingga tidak mudah rusak. 

Baca juga :  Jajal Mobil Listrik GAC AION, Memang Bikin Penasaran

Awalnya TN360 hanya tersedia dalam varian pickup saja, namun pada tahun 1968 Honda menawarkan versi van dengan 4 konfigurasi pintu. Satu lagi varian unik TN360 adalah Snowler yang dilengkapi dengan alat ski yang bisa dilepas pasang di roda depan dan penggantian roda belakang dengan rantai untuk dapat melaju di permukaan salju. Harganya pun terkoreksi hingga 55 persen dan dimaksudkan untuk penggunaan di musim dingin. 

Legenda Terus Berkembang, Dari TNIII Hingga TN7

Memasuki tahun 1970, Honda meluncurkan versi facelift dari TN360 dengan nama TNIII dengan perubahan di eksterior seperti desain grille chrome yang lebih besar, bumper chrome, kaca spion yang lebih besar dan juga interior yang lebih modern. Untuk mekanikal tidak ada yang berubah kecuali transmisi yang kini sudah full synchronized. Selain facelift baru, Honda juga menambah varian Super Deluxe yang telah dilengkapi radio, pemantik rokok dan juga ban dengan sidewall. 

Facelift kedua TN Series yaitu TN-V hadir pada tahun 1972 dengan fascia depan yang serba baru. Terdapat desain grille model pagar dan juga lampu dengan desain ganda atas-bawah. Logo H besar yang menghiasi bagian depan mobil diganti dengan tulisan HONDA. Pada bagian dalam terdapat sabuk pengaman yang kini menjadi standar. Untuk mesinnya tetap sama namun kompresi diturunkan untuk pengurangan emisi namun tenaganya ikut berkurang menjadi 27 hp.

Baca juga :  FORESTYLE, Ajakan Subaru Untuk Mengenal Subaru Forester

Varian terakhir dari TN Series adalah TN7, ubahannya hanya rubber strip berwarna hitam pada bumper. Pada model ini penumpang samping mendapatkan sabuk pengaman dan wiper washer menjadi standar. Karena aturan emisi maka mesin TN7 dimodifikasi lagi sehingga berat mobil kini mencapai 555 kg. 

Dari Jepang Hingga Indonesia, Warisan TN Series Pemecah Stigma 

Produksi TN Series sendiri dihentikan pada tahun 1977 yang juga menjadi akhir dari produksi mobil dengan berpendingin udara terakhir di Jepang dengan total produksi TN Series Mencapai lebih dari 700 ribu unit. Posisi TN Series sendiri kemudian digantikan oleh pickup Acty yang dijual di pasar Jepang hingga tahun 2021. 

Meski Honda tidak lagi menawarkan kendaraan komersial di Indonesia, warisan TN Series sendiri tetap terasa. Kendaraan yang didatangkan oleh PT Istana Motor Raya (Imora) milik Ang Kang Hoo identik sebagai kendaraan angkutan kota, terutama wilayah Jawa Barat pada era 1970 hingga 1980an. Ketangguhan TN Series juga membuktikan bahwa Honda piawai membuat mobil, tidak hanya sepeda motor. Kini 50 tahun berselang, jutaan kendaraan berlogo H berjalan di Indonesia. *IFR

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x