Hyundai Creta 2024 Mau Hadir, Ada Mesin Baru?

10 June 2024 | 6:35 pm | Indra Alfarisy

Hyundai ditengarai akan segera menjual Creta terbaru, yang mengalami facelift. Beberapa foto sudah beredar di media sosial, dan memperlihatkan perubahan desain yang cukup signifikan. Sedikit demi sedikit, ada pencerahan soal seperti apa jagoan Hyundai ini.

Lalu, apa saja yang berubah? Kami coba menelusuri perbedaan yang ada di Hyundai Creta 2024, yang sepertinya akan muncul ke publik di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pertengahan Juli ini.

Mesin Turbo

Mesin baru untuk Hyundai Creta 2024

Untuk versi yang dijual sekarang, Hyundai Creta masih mengandalkan mesin bensin 1,5 liter dengan tenaga 113,4 hp. Torsinya 144 Nm pada 4.500 rpm. Cukup untuk sebuah mobil harian. Dan kemungkinan , mesin ini tetap akan dibawa untuk Creta terbaru nanti.

Namun yang menarik, hampir bisa dipastikan ada varian yang mengusung mesin baru dengan imbuhan turbo (GDi), meski kapasitasnya tetap 1,5 liter.

Spesifikasi resmi belum diketahui, tapi mengacu pada Creta 2024 yang ada di India, output mesin GDi mencapai 157,7 hp dengan torsi yang memuncak mulai dari 1.500-3.500 rpm. Besarannya mencapai 253 Nm.

Transmisinya (untuk varian turbo) menggunakan perseneling otomotis kopling ganda dengan 7-speed.

Desain Eksterior

Hyundai masih membekali crossover ini dengan parametric grill. Lampu DRL akan menyaru dengan grill saat mobil dimatikan.

Yang berbeda adalah lampu DRL punya desain baru yang lebih tegas dan modern. Tidak lagi menyebar ke bawah tapi membentuk garis horisontal hingga ke bagian atas grill. Memberikan kesan lampu menyatu dari kiri ke kanan.

Baca juga :  Hyundai Bersama ITB Kembangkan Fitur Perintah Suara Berbasis AI

Lampu utama dengan teknologi masih tetap berada di bawah DRL, seperti yang ada sekarang. Desain bemper baru terlihat lebih kaku dibanding Creta yang masih dijual. Terutama di bagian bawah.

Di belakang, pintu bagasi didesain baru untuk mengakomodir konfigurasi lampu yang juga berubah total. Seperti di depan, lampu kiri dan kanan seolah disatukan oleh garnish yang menyala. Bemper juga tidak ketinggalan mendapatkan penyegaran.

Interior Baru

Jujur, Creta yang ada sekarang desain dashboard-nya cepat membosankan. Hal ini dijawab oleh desainer Hyundai dengan memberikan dashboard baru.

Bahkan hampir semua baru di bagian ini. Mulai dari bentuk dashboard, desain kisi AC, panel pengaturan AC, bentuk jok, hingga deretan tombol di konsol tengah. YAng tidak berubah hanya setir dan tuas transmisi.

Tidak lupa, layar di dashboard terlihat menyatu dengan instrument cluster. Membentuk satu kesatuan display yang besar tanpa bingkai.

Untuk pasar India, Hyundai Creta 2024 dibekali sistem olahan suara yang dibuat oleh Bose. Kami rasa, untuk Indonesia juga tidak akan jauh berbeda.

Dimensi

Creta 2024

Karena ini bukan all new model, maka tidak perlu heran yang beda hanya panjang dan sedikit lebih tinggi.

Berdasarkan lembar spesifikasi di pasar India, Hyundai Creta 2024 bertambah panjang 15 mm, menjadi 4.330 mm. Sementara lebar tetap 1.790 mm dan tingginya (dihitung hingga roof rail) naik 5 mm menjadi 1.635 mm.

Baca juga :  Kejutan di IIMS Surabaya 2024, Ada SUV Seres 7!

Wheelbase (jarak sumbu roda) juga tidak berubah. Tetap 2.610 mm.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x