Ini Kenapa Harga Honda CR-V Hybrid Hampir Rp 800 Juta

12 August 2023 | 8:12 am | Indra Alfarisy

Jumat kemarin (11/08), Honda Prospect Motor mengumumkan seperti apa kemampuan andalan barunya, Honda CR-V 2023. SUV ini hadir dalam dua opsi mesin. Yang pertama adalah 1,5 liter VTEC turbo, yang harganya Rp 739,9 juta. Yang kedua, hadir dalam trim RS, 2.0 e:HEV (hybrid). Harga Honda CR-V Hybrid ini Rp 799,9 juta.

Jujur, versi terakhir ini yang paling menarik karena untuk pertama kalinya, ada CR-V hybrid di Indonesia. Meskipun harganya juga membuat kaget. 

Honda CR-V 2023

All New CR-V RS e:HEV menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder, Atkinson cycle DOHC. Sebagai penyalur tenaga, dipasangkan dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Daya kombinasi yang dihasilkan adalah Secara total, menghasilkan tenaga maksimum 204,1 hp dengan torsipuncak 335 Nm. 

Soal e:HEV

HPM pernah memperkenalkan teknologi e:HEV di GIIAS tahun lalu. Sekedar mengingatkan, e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis dimana motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi.

Ada beberapa komponen yang berbeda dari sistem hybrid biasa. Namun akan artikel ini akan terlalu panjang kalau dijabarkan. Kami akan coba buat satu artikel lagi soal e:HEV ini.

Yang pasti, sistem manajemen daya yang efisien serta daya motor listrik dikatakan  menghasilkan penggunaan baterai yang lebih dominan dibandingkan bensin, sehingga mencapai efisiensi bahan bakar yang sangat baik dengan performa yang bertenaga.

Baca juga :  Honda Racing Gallery, Museum Pembuktian Prestasi Balap Honda

e:HEV juga dibekali tiga mode: EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode. Ketiganya secara otomatis akan aktif sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara berkendara. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor dan mesin bensin mati.

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid. Mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Lalu, jika berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan mengaktifkan Engine Drive, dimana mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Seperti mobil dengan elektrifikasi, ada huruf B pada tuas transmisi. Selain membantu pengereman, saat diaktifkan akan mengaktifkan pengereman regeneratif yang lebih kuat.

Interior Baru & Fitur

All New Honda CR-V RS e:HEV dikatakan menawarkan kabin yang luas dan nyaman sehingga memberi kesan mewah dan modern bagi penggunanya. Harus diakui, pernyataan itu ada benarnya. Meski baris paling belakang masih begitu saja kelegaannya.

Kabin dilengkapi jok berlapis kulit, lengkap dengan jahitan merah. Khas varian Honda RS. Bahan serupa juga digunakan pada roda kemudi untuk menimbulkan aura sporty. Tidak lupa, kursi pengemudi dilengkapi fitur Driver Memory Seat.

Baca juga :  Motomobi News Karnaval 2024: Puluhan Mobil Terjual Dalam Dua Hari!

Dashboard memiliki desain yang lebih segar dengan monitor berukuran moderat, sembilan inci. Pusat multimedia ini mampu terkoneksi dengan Android Auto dan wireless Apple CarPlay. Racikan audionya menggunakan Bose dengan 12 speaker. Untuk pengemudi malah diberikan layar 10,2 inci Interactive TFT Meter Cluster. Bisa diubah juga apa yang ingin ditampilkan.

Fasilitas isi ulang baterai gadget nirkabel juga ada di CR-V Hybrid. Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Kabin penumpang baris kedua juga hadir untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di bagian belakang yang dilengkapi juga dengan Panoramic Sunroof. Pada sistem AC disematkan penyesuaian suhu secara independen (kiri dan kanan), rear ventilation serta electrostatic touch LED di lampu kabin belakang. Kenyamanan tersebut juga didukung dengan lampu belakang sentuh LED serta 2 port USB Type C.

Fitur menarik lainnya, untuk keselamatan berkendara sudah dilengkapi paket teknologi Honda Sensing. Isinya antara lain Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

Kesimpulan

Honda CR-V 2023

Jadi apakah harga Honda CR-V Hybrid yang Rp 799 jutaan (OTR DKI) sepadan? Secara sepintas, teknologi e:HEV memang cukup canggih karena menggunakan beberapa komponen yang unik. Namun untuk memastikan harus buktikan dulu soal kemampuannya. Fasilitas interior pendukung kenyamanan harus diakui cukup lengkap. Yang jelas, di kelas mobil hybrid SUV, Honda CR-V tidak sendirian.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
8 months ago

Honda ngasih harga semena mena, mentang mentang punya merk

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x