Kapan Waktu Tepat Untuk Servis Mobil?

24 September 2024 | 5:55 pm | Aldi Prihaditama

Salah satu cara menjaga kondisi mobil tetap prima adalah dengan melakukan servis secara berkala. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan mobil rusak mendadak dan mengalami penurunan performa.

Mengetahui waktu tepat untuk merawat mobil sangat penting, karena dapat mencegah kerusakan lebih besar di kemudian hari yang membuat biaya perbaikan membengkak.

Dari berkala hingga darurat

Ada beberapa jenis servis mobil dan waktu tepat untuk melakukannya, komponen-komponen yang perlu dicek, serta alasan servis mobil sangat penting dilakukan.

Servis berkala merupakan jenis servis yang dilakukan secara rutin setelah mobil menempuh jarak tertentu, biasanya setiap 10 ribu kilometer atau enam bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Pekerjaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan oli mesin, filter udara, hingga sistem kelistrikan.

Servis ringan dilakukan saat mobil mengalami masalah kecil atau untuk memastikan tidak ada gangguan serius. Umumnya, servis ini mencakup pengecekan sistem rem, penggantian oli, dan pemeriksaan komponen lain yang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Servis besar dilakukan setiap mobil mencapai jarak tertentu, seperti setiap 40 ribu hingga 50 ribu kilometer. Pada servis besar, hampir semua komponen utama kendaraan seperti busi, filter bahan bakar, v-belt, dan timing belt (jika menggunakan) akan diperiksa dan diganti jika diperlukan.

Servis darurat merupakan tindakan perbaikan yang harus dilakukan segera karena adanya kerusakan mendadak pada mobil. Biasanya, servis ini diperlukan saat ada komponen yang mengalami masalah serius, seperti rem tidak berfungsi atau mesin overheat.

Baca juga :  AION Ngegas, Langsung Buka 10 Dealer!

Investasi untuk masa depan

Dengan rutin melakukan perawatan kendaraan, akan memberikan banyak keuntungan. Baik jangka pendek maupun panjang. Ada sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh. Mulai dari mencegah kerusakan besar pada mobil, sebab masalah kecil sudah terdeteksi sebelum berkembang menjadi kerusakan yang lebih parah.

Mobil yang dirawat dengan baik, cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sehingga kinerja mesin dan komponen mobil beroperasi lebih lancar dan efisien.

Rutin servis membuat mobil lebih berumur panjang. Dengan melakukan perawatan berkala, mobil akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal ini tentunya akan menguntungkan, terutama jika berniat menjual mobil di masa depan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x