Memahami Platform E4 Dan Teknologi BYD Yang Bikin Mobil Berputar 359 Derajat

24 July 2024 | 6:59 pm | Indra Alfarisy

Kalau Anda sempat mampir ke booth BYD di GIIAS 2024, pasti melihat SUV llistrik Yangwang U8. Mobil ini punya kemampuan berputar 359 derajat macam tank. Jadi tidak perlu radius putar yang merepotkan. Kemampuan ini terbentuk berkat penggunaan teknologi baru buatan BYD, yang bernama E4 Platform.

E4 Platform adalah sistem penggerak yang terdiri dari tiga komponen pengendali utama (core control). Yang pertama pastinya empat motor listrik yang akan menggerakkan roda mobil. Keempat motor listrik ini bisa bergerak secara independen.

Komponen kedua adalah Friction control yang berfungsi membaca kondisi jalan. Benda ini bertugas mengoptimalkan kinerja motor sehingga pergerakan akan lebih baik di segala kondisi seperti jalan berpasir, tanjakan curam, dan sebagainya.

Kemampuan E4

Lalu Body Stability Control pada E-4 Platform untuk penanganan stabilitas demi kenyamanan penumpang di berbagai medan jalan. Alat ini bekerja berdasarkan input dari berbagai sensor yang terintegrasi. Sensornya tersebar di bagian-bagian inti BYD Yangwang U8. Seperti Integrated Measurement Unit, Wheel Speed Sensor, Steering Sensor, Sensor Kamera, Millimeter Wave Radar, Lidar, Ultrasonic dan banyak sensor lainnya.

Ketiga komponen tersebut, membentuk E4 Platform, yang memungkinkan Yangwang U8 memiliki kemampuan Tank Turn yang bikin bengong itu. Tapi di luar manfaat Tank Turn, ada sederet kegunaan yang membuat E4 akan terasa membantu hari Anda menjadi lebih baik.

Baca juga :  Langkah Atasi Mobil Ketika Mesin Overheat

Contohnya, saat manuver di lahan sempit. Kalau U8 terjebak di parkiran yang sempit, dengan E4 manuver mobil dengan panjang 5,3 meter ini jadi sangat mudah. Belum lagi kalau bicara medan off road tanpa aspal sedikit pun.

Kemudian, seperti dicontohkan BYD Indonesia, saat ban tiba-tiba kehilangan tekanan. Saat terdeteksi ban kempes, sensor E4 secara instan mengatur putaran roda secara independen sehingga Yangwang U8 tetap terkendali.

Tenaga Badak

Platform E4 juga bukan cuma soal kelincahan untuk mobil bongsor. Mengutip keterangan resmi BYD Indonesia, “Penyertaan sistem kontrol elektronik 800V SiC (Silicon Carbide), yang akan menjadi standar di seluruh produk platform masa depan.”

Bahkan diklaim, dibandingkan dengan platform lainnya, E-4 Platform pada BYD U8 menawarkan peningkatan efisiensi maksimum hingga 99,5 persen, peningkatan kemampuan output sebesar 50 persen, peningkatan kepadatan daya (power density) sebesar 100 persen. Tidak lupa, memberikan peningkatan efisiensi operasional sebesar tiga persen.

Motor listrik penggerak di platform ini, khususnya yang dipakai U8, diklaim mampu berputar hingga 20.500 rpm, dengan tenaga puncak 1.180 hp. U8 juga menggendong mesin bensin empat silinder 2,0 liter yang tidak tersambung dengan roda, dan berfungsi sebagai genset untuk membantu isi ulang baterai.

Akselerasi SUV 3,4 ton ini dibuat singkat dengan platform E4. Cukup 3,6 detik untuk 0-100 km/jam.

Baca juga :  Sabuk Pengaman Pre-tensioner Memang Penting!

Lalu, apakah platform E4 ini akan digunakan di BYD lain? Sepertinya begitu. Karena saat ini baru dipakai oleh sub-brand Yangwang. Di bawah naungan BYD ada Denza, yang juga merek mewah. 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x