Mempertanyakan Tema Road Party Season Berikutnya

3 February 2023 | 6:05 pm | Indra Alfarisy

Penggemar otomotif di Indonesia pasti sudah mengenal acara Youtube Road Party. Acara bertemakan challenge (tantangan) antara empat orang Youtuber Arief Muhammad, Fitra Eri, Om Mobi dan Ridwan Hanif yang sudah berjalan tiga season selama ini.

Kami tergelitik untuk menelaah sebetulnya apa yang membuat tayangan ini terbilang sukses dan dinantikan oleh penggemarnya. Plus, apa kira-kira yang akan diangkat pada musim tayang (season) keempat nanti. Kalau memang akan dibuat. 

Pada awalnya gagasan shoting tercetus pada tahun 2020 dimana keempatnya sama-sama memiliki mobil Suzuki Jimny. Kemudian berniat untuk membuat video challenge seperti acara BBC Top Gear. Namun karena terkendala pandemi Covid 19 dan lockdown, sesi shooting pun terpaksa ditunda.

tim road party

Saat itu, acara tersebut belum dinamai Road Party tetapi berjudul Jimny Challenge. Ini karena konsep Road Party, baik penamaan maupun pergerakan bisnisnya belum direncanakan oleh mereka.

Youtube Trending dan Munculnya Road Party

Pada Akhir 2020 ketika kondisi Covid-19 mulai kondusif, shooting pun dimulai dengan prosedur kesehatan yang ketat. Dilaksanakan di wilayah Jawa Timur selama lebih dari 10 hari. Jimny Challenge, pada season ini pemenangnya adalah Om Mobi.

Tidak kurang dari delapan video Jimny Challenge tayang dimasing-masing channel para pesertanya. Dan berhasil memasuki kolom trending di Youtube. Hal ini yang membuat mereka ingin menggarap serius untuk season berikutnya.

Baca juga :  Arti Nama Mobil Italia Yang Terdengar Keren Tapi...

Jimny Challenge

Agar tidak terikat dengan merek tertentu, tercetuslah nama Road Party. Yang menarik, Road Party bukan hanya sebuah sesi pembuatan acara video, tapi sudah berbadan usaha yang dimiliki oleh mereka berempat.

Season kedua nama Road Party mulai digaungkan. Tema yang diusung adalah Cabriolet Challenge dimana mereka menggunakan mobil atap terbuka berbeda merek. Lokasinya lebih eksotis, di pulau Bali. Kali ini tantangan dimenangkan oleh Arief Muhammad.

100 juta challenge

Untuk season berikutnya pada tahun 2021, karena kendala Covid yang kembali tinggi di berbagai daerah, maka shooting dibatasi dan dilakukan di Jakarta. Tema yang diangkat untuk season ketiga ini adalah 100 Juta Challenge.

Tayangan menjadi sangat unik karena keempatnya diharuskan membeli mobil dengan harga dibawah 100 juta di pasar mobil Kemayoran. Mobilnya lantas dipakai untuk melewati beberapa tantangan. Kali ini dimenangkan oleh Fitra Eri.

Daya Tarik Road Party

Challenge yang menantang, obrolan ringan yang lucu dan atraktif memang menjadi salah satu kekuatan dari mereka berempat. Belum lagi rasa kompetisi dari keempatnya yang tinggi acap menimbulkan percekcokan dan adu mulut. Tapi disinilah letak perbedaan dengan video lainnya karena memang tidak dibuat-buat atau diatur.

100 juta challenge

Tahun 2022 rencana season keempat terhenti. Lagi-lagi karena naiknya kasus Covid-19, juga kesibukan para peserta.

Season Empat yang Rahasia

Memasuki tahun 2023 ini empat Youtuber otomotif tersebut mulai berembuk untuk memulai Road Party season empat. Jadwal shoting dan tema yang akan diusung sampai sekarang masih dirahasiakan team produksi Road Party. 

Baca juga :  Bugatti Pernah Dijatuhkan Oleh….Suzuki?

Jimny challenge

Namun kasak kusuk dan curi dengar tim Motomobi News, kami mencoba untuk mengkategorikan kira-kira apa saja yang menjadi kemungkinan tema dari Road Party season ke 4 ini.

  1. Jimny Challenge 2
    Mengingat semua peserta masih memiliki mobil Jimny, pada tahun 2022 mereka telah mengeluarkan teaser mengenai jimny challenge bagian dua. Tapi kemudian tidak ada kelanjutannya lagi. Tapi berdasarkan pengalaman, Jimny Challenge akan menyita waktu untuk pengambilan gambar. Meski tidak menutup kemungkinan akan jadi untuk tahun 2023.
  2. EV Challenge
    Tidak dipungkiri bahwa mobil listrik sekarang menjadi salah satu mobil yang digemari banyak orang, para peserta juga telah memiliki mobil listrik Wuling Airev. EV Challenge akanmenarik untuk jadi tema Road Party Season 4. Kampanye yang bisa dibawa pada challenge ini pun akan menarik perhatian banyak khalayak. Mulai dari isu ramah lingkungan, mobil compact hingga soal harga EV yang terjangkau. Ini yang meyakinkan kami bahwa challenge menggunakan mobil listrik bisa menjadi salah satu pilihan mereka.
  3. GR Yaris Challenge
    Mobil Toyota GR yaris hanya ada 126 unit di Indonesia, dan keempat peserta punya mobil tersebut sejak 2022 lalu. Tema ini masuk ‘nominasi’ kami dikarenakan mereka sempat merencanakan untuk membuat video berempat menggunakan GR Yaris. Namun tidak terlaksana karena kendala waktu dan kesibukan masing masing. Jujur, GR Yaris Challenge berpotensi jadi tema Road Party karena banyak ditunggu oleh para penggemarnya.
  4. 100 Juta Challenge Part 2
    Meski kemungkinannya kecil karenakan Arief dan Ridwan sudah tidak memiliki mobil dari 100 Juta Challenge pertama. Sedangkan Om Mobi dan Fitra masih memiliki mobil sisa challenge tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan karena empat orang peserta ini cukup pintar membuat ide dan tema yang dapat dituangkan dalam video.
  5. Vespa Challenge
    Awal tahun 2022, keempat peserta mendapat Vespa dari sebuah produsen baju terkenal. Ini juga bisa jadi indikasi kalau melakukan Vespa challenge adalah sangat memungkinkan. Kalau Anda ingat, season tiga ada beberapa challenge yang harus menggunakan motor Honda PCX. Jadi, menghadapi tantanga dengan menggunakan motor bukan hal baru. Mungkin ada video durasi pendek ala Road Party?
Baca juga :  Mercedes-Benz A 32K, Dijamin Bukan Rekayasa Foto

Lima tema yang kami sempat himpun ini yang kemungkinan akan dijadikan Road Party Season terbaru. Tentunya, tidak menutup kemungkinan akan ada ide dan tema lainnya karena perkembangan dunia otomotif yang cukup cepat. Kita tunggu saja apa yang jadi tema Road Party berikutnya.

Om Gendut

Foto: @huse7n

4.4 5 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Joko
1 year ago

Video teaser udah setahun ga ada update lagi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x