Penjara Tua Ini Jadi Museum Sejarah Balap Isle of Man!

15 June 2023 | 7:02 pm | Rizky Dermawan

Isle of Man, sebuah pulau di lautan Irlandia yang tersohor sebagai trek balap motor jalan raya paling ganas di dunia.

Event balap motor Tourist Trophy (disingkat TT) di pulau ini merupakan salah satu event balap motor tertua di dunia. Sebanyak 102 laga balap telah diselenggarakan sejak Isle of Man TT dihelat pertamakali pada tahun 1907.

Rekor juara terbanyak yakni 26 kali masih dipegang oleh mendiang Joey Dunlop yang gugur saat persiapan laga balap di tahun 2000 silam. Hanya selisih tipis dari keponakannya yakni Michael Dunlop yang memegang rekor kedua yakni 25 kemenangan.

Sepanjang sejarah balap Isle of Man TT, setidaknya telah menelan korban jiwa sebanyak 267 pembalap. Namun itu adalah risiko dari balapan mengelilingi pulau dengan trek aspal sepanjang 60,72 km melintasi tepi pedesaan dan perkampungan warga pada kecepatan hingga 200 km/jam.

Rekor tercepat ditorehkan oleh Peter Hickman pada tahun ini yakni 16 menit 36 detik dengan BMW M1000RR pada kecepatan 219,4 km/jam!

Museum Nostalgia Balap Isle of Man

Pulau yang menggantungkan hidup dari wisata dan deru mesin motor balap ini juga memiliki museum yang cukup unik. Rekam jejak catatan sejarah pulau ini tersimpan di Leece Museum yang terletak di Peel, kota terbesar di kepulauan Man.

Baca juga :  Jalan Jauh? Tenang Saja, Neta V-II Punya Banyak Fitur ADAS

Bangunan museum bergaya klasik ini ternyata memiliki sejarah yang unik. Dulunya bangunan berjuluk “Black Hole” ini merupakan gedung pengadilan sekaligus penjara bagi para penjahat kelas berat termasuk perompak dan bajak laut.

Saat masuk ke dalam bangunan berlantai dua ini anda akan disambut oleh beragam memorabilia balap motor. Ya, koleksi memorabilia balap berada di lantai dasar. Sedangkan di lantai atas berisi ragam koleksi perjalanan sejarah kepulauan Man. Nah, ingin tahu apa saja koleksinya?

Rekam Jejak Sejarah Isle of Man TT

Di Leece Museum, anda akan terhenyak saat melihat beragam barang koleksi memorabilia balap motor Isle of Man TT. Barang koleksi yang mungkin tak akan anda temukan di museum manapun.

Anda mungkin baru melihat wujud motor balap merek Rudges, NSU dan Napier yang sudah punah di tempat ini. Atau motor Triton, hasil kawin silang sasis Norton dengan mesin Triumph. Motor legendaris lainnya seperti Matchless, Ducati, dan Suzuki yang pernah menjadi juara Isle of Man TT juga dipajang di ruang pamer yang unik.

Mungkin museum ini lebih mirip lorong waktu. Tak hanya memamerkan beragam model motor balap. Beraneka atribut para jawara balap Isle of Man TT dari masa ke masa mulai dari baju balap dan helm hingga sarung tangan dipamerkan di tempat ini. Lengkap dengan foto dokumentasi, pamflet, poster serta artikel surat kabar yang otentik.

Baca juga :  Harus Bijak Pakai Lampu Hazard!

Napak tilas sejarah prestasi gemilang Honda Racing Team yang dibidani oleh Soichiro Honda juga ada di sini. Nah, memorabilia yang berkaitan dengan Honda Racing Team adalah barang koleksi abadi museum.

Buka Setiap Hari Dan Gratis!

Leece Museum buka setiap hari dari jam 11 hingga jam 3 sore dan tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja, museum kadang tidak buka karena petugas pengurus museum merupakan relawan yang juga memiliki aktifitas di tempat lainnya.

Meskipun gratis, namun tersedia kotak amal berupa tangki bensin bagi para pengunjung yang ingin memberi donasi. Sejumlah memorabilia yang ada di museum seperti buku, kaos dan kartu pos serta poster dapat dibeli oleh para pengunjung sebagai cinderamata. Hasil yang diperoleh digunakan untuk keberlangsungan hidup museum ini. Bagaimana, anda tertarik untuk berkunjung ke Isle of Man?

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x