Skutik Antik Akan Terus Dilirik

21 September 2022 | 5:38 pm | Rizky Dermawan

Skutik atau skuter matik memang bukan hal baru buat Indonesia, namun ada unit langka yang kini semakin diburu.

Saat ini begitu banyak orang yang beralih menggunakan motor skuter matik. Ibarat pahlawan yang sanggup melawan kemacetan ibukota, hanya tinggal isi bensin dan tancap gas justru menjadi nilai istimewa tersendiri bagi pemiliknya. Sangat simpel dan sederhana. Ragam style modern dan fitur baru terus menjadi modal dalam pengembangannya.

Di Indonesia sendiri, skutik mulai dikenal di awal Milenium dan menjadi pilihan baru bagi masyarakat. Hingga sekarang, skutik terus menjadi pilihan semua umur dan sanggup menggeser pesona motor sport sekalipun. Untuk itu, kami coba merangkum beberapa motor skutik terbaik yang jarang terlihat, namun sekali melihat pastinya akan tertarik. Skutik apa sajakah? Ini dia!

GILERA DNA

Piaggio, pabrikan tersohor asal Italia peracik Vespa ini ternyata pernah merilis Gilera DNA, motor sport dengan sistem transmisi otomatis di awal tahun 2000 silam. Bisa dikatakan, Skuter ini memang tidak begitu populer di Indonesia. Namun begitu, tetap ada saja yang meminangnya dan merawatnya hingga sekarang. Kenyataannya, harga unit bekasnya pun mencapai angka 30 jutaan tergantung kondisinya saat ini.

Di Italia sendiri, DNA meluncur dengan merek Gilera DNA. Sedangkan untuk pasar di Indonesia lebih dikenal dengan nama Piaggio DNA. Skuter sport ini diakui sukses menggabungkan antara kenikmatan berkendara motor sport dengan kepraktisan harian sebuah skuter otomatis. Maka tak jarang bagi siapapun yang melihat tampilannya akan langsung terpincut saat itu.

Secara visual penampilan Gilera DNA terlihat gambot dan kekar layaknya sebuah Ducati Monster. Uniknya adalah ukurannya yang pendek dan kompak. Tampilan konstruksi CVT-nya pun persis dengan motor matik pada umumnya plus velg berukuran 14 inci. Gaya sport jelas nampak dari stang jepit dan sokbreker adjustable. Model tangki bahan bakar hingga rangka dan tempat duduk bergaya motor batangan tulen, meskipun ruang tangki depan hanya kamuflase dan hanya berguna sebagai ruang penyimpanan barang.

Untuk spesifikasi mesin, Gilera DNA mempunyai tiga pilihan varian, yaitu DNA 50, DNA 125, dan DNA 180. Model DNA 50 mengusung mesin tipe 2-langkah, Piaggio Hi-PER, reed valve, berkapasitas 49,4cc. Sedangkan DNA  125cc, mengusung mesin 4-langkah berpendingin air dengan tenaga 15 hp. Terakhir, DNA 180cc mengusung mesin 4-langkah berkapasitas 182 cc dengan tenaga 20 hp untuk pasar Indonesia.

Baca juga :  GAC AION Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Indonesia?

KYMCO TREND 125

Meskipun merek Taiwan, Kymco pernah mengisi segmen roda dua di pasar otomotif Tanah Air di awal tahun 2000 an. Nama Kymco semakin dikenal masyarakat lewat kehadiran ragam varian skuter yang ditawarkan dengan harga jual relatif lebih murah dibandingkan motor Jepang saat itu. Saking terkenalnya, skutik Kymco pun banyak beredar di jalanan Indonesia.

Identik dipanggil Jetmatic, Kymco Trend 125 sukses menjadi generasi pertama skuter matik yang cukup laku di pasaran. Jetmatic Trend terbukti tangguh karena sukses melakukan pengujian Panjang dengan rute Jakarta-Bali non-stop selama 100 jam dan berhasil mencatat rekor MURI selama dua kali.

Kymco Trend 125 memiliki desain aerodinamis dengan gaya unik yang modern. Ruang bagasinya pun sangat besar hingga bisa menyimpan helm, tas, handphone atau jaket. Kymco Trend 125 menggendong mesin tipe 4-langkah SOHC, berkapasitas 124,6cc.

Meski begitu, nama Kymco pun meredup sejalan dengan penjualannya yang melemah, termasuk semua produk Jetmatic. Namun hingga saat ini para pemiliknya masih tetap banyak dan kerap memasang harga yang cukup tinggi untuk unit bekasnya.

YAMAHA TRICITY

Jika Anda mempunyai selera yang berbeda dalam memandang sebuah skutik, tentu tak salah jika memilih Yamaha Tricity. Skutik dengan kodrat berbeda dari skutik pada umumnya ini menawarkan hadirnya roda ketiga yang dilengkapi teknologi leaning multi-wheel (LMW) dengan konfigurasi dua ban di posisi depan dan satu di belakang. Adrenalin berkendara pun menjadi lebih kuat dengan tambahan sensasi berbeda dalam menguasai motor ini.

Meskipun mengandalkan tiga roda namun Tricity sanggup memberikan tingkat kestabilan yang tinggi juga presisi saat diajak menikung, tak ubahnya skutik dua roda biasa. Maka itu, banyak pemiliknya merasa bangga karena motor ini bisa diajak kemanapun dalam beraktivitas harian. Bahkan bisa jadi, kemampuan mengendarai Yamaha Tricity ini malah menjadi point tersendiri bagi pemiliknya.

Baca juga :  All New Honda BeAT, Lebih Segar dan Lebih Aman

Yamaha Tricity mengusung mesin 4-langkah yang identik seperti Yamaha NMAX berkapasitas 155 cc, dengan tenaga yang cukup agresif dan handal. Selain itu, Yamaha pun membenamkan beragam fitur canggih dan menarik untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara pada Yamaha Tricity.

Secara kasat mata, skutik ini menampilkan kesan mewah dan elegan terutama karena bentuk uniknya yang terbilang menawan. Meskipun baru resmi diluncurkan di Indonesia pada 2016 lalu, skutik tiga roda ini kurang diminati secara umum karena terkendala harga jualnya yang terbilang mahal. Untuk satu unit bekasnya, harga Yamaha Tricity 155 berada di angka 60 jutaan saat ini.

VIAR V1

Tak hanya terkenal akan motor komersial roda tiga pengangkut galonnya, nama Viar juga sukses meluncurkan produk lokal di segmen off-road atau adventure seperti model Cross X 150 dan juga Cross X 250 ES. Yang mengagetkan, Viar juga sempat meluncurkan skuter matik V1 dengan harga pas dikantong.

Skutik gambot ini merupakan skuter premium yang sering dianggap identik dengan Yamaha Majesty ataupun Suzuki Burgman dengan body bongsor dan kekar. Penampilannya bisa dikatakan sangat stylish dan mewah. Ukuran headlampnya besar dengan hantaran proyektor. Meski belum mengusung teknologi LED, penerangan yang dihasilkan lampu ini sudah sangat mumpuni, terutama malam hari. Sementara, di sektor buritan, lampu belakang sudah menerapkan teknologi LED.

Viar juga menyematkan fitur penyimpanan barang sebanyak dua ruang mengusung model separated seat alias terpisah antara pengendara dengan pembonceng. Menariknya lagi, di masing-masing bagasi, terdapat slot untuk USB atau kartu memori. Mesin tipe 4-langkah, silinder tunggal, oil cooled & air forced cooled, berkapasitas 200cc menjadi andalannya. Skutik bongsor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 13 hp pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus angka 13,8 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Saat ini harga unit Viar V1 bekasnya mencapai 18 jutaan untuk produk buatan 2013. Sementara, produk yang dirilis tahun 2014 saat ini ditawarkan dengan harga 22 jutaan per unit tergantung kondisi barang.

Baca juga :  Hyundai Creta 2024 Mau Hadir, Ada Mesin Baru?

SUZUKI BURGMAN 200

Selain Yamaha dan Honda, nama besar Suzuki di pasar roda dua Tanah Air juga mendapatkan respon baik dari masyarakat. Di pasar skutik Maxi, Suzuki memiliki Suzuki Burgman 200, produk unggulan di segmen kelas atas dengan spesifikasi dan tenaga yang sesuai untuk diajak beraktifitas harian.

Desain premium dengan tampilan body yang cukup besar membuat Burgman terlihat berbeda dari skutik pada umumnya. Suzuki Burgman 200 pun masuk dalam kategori para pencinta skutik bongsor di kalangan eksekutif muda yang ingin tampil bergaya dan stylish. Desain Suzuki Burgman 200 bisa di katakan cukup elegan, mewah dan premium, memiliki body yang besar dengan dimensi 2.055 x 70 x 1.355 mm tentu saja menjadikan motor matic yang satu ini cukup tangguh ketika diajak berkendara. Berat bobot motor ini tergolong berat hingga 163 kg sehingga lebih cocok untuk kaum pria.

Suzukui Burgman mengandalkan mesin 1-silinder bertipe 4-langkah, 1 silinder dengan teknologi SOHC serta memiliki system pendingin cairan, dan daya maksimum mencapai 18,2 hp per 8000 rpm serta torsi maksimal sebesar 17 Nm per 8000 rpm. Menariknya lagi dengan penggunaan system bahan bakar Fuel Injection membuat motor yang memiliki kapasitas tangki BBM 10.5 liter ini cukup irit dalam penggunaan BBM. Bahkan motor satu ini juga di lengkapi dengan firtur canggih bernama ECO Drive yang mana fitur ini memiliki fungsi untuk menampilkan berbagai indikasi serta cara berkendara yang benar.

Saat diluncurkan, Suzuki Indonesia menawarkan motor ini dengan kisaran harga 50 jutaan. Untuk unit bekasnya, motor ini masih terbilang tinggi di pasaran. Soal kondisi, banyak unit Suzuki Burgman bekas pemakai yang menjadi simpanan dan terawat.

Nah, itulah beberapa motor skutik yang jarang terlihat namun siapapun akan melirik saat motor-motor ini melintas di jalan. Beragam kelebihan dan kekurangan kiranya menjadi dasar pertimbangan dalam memilih motor yang diinginkan untuk beraktivitas harian. Kelima motor ini memiliki sisi unik dan gaya berbeda untuk menjadi pilihan. Anda pilih yang mana?

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x