Toyota All-new Vios, Makin Lugas Berevolusi

13 October 2022 | 7:31 am | Rizky Dermawan

Toyota Vios 2022 berubah drastis. Platform, bentuk hingga fitur yang makin kekinian. Layak dipertimbangkan?

Seolah tak ingin menunda terlalu lama, PT Toyota Astra Motor akhirnya meluncurkan generasi terbaru Toyota Vios 2022. Indonesia merupakan negara ketiga setelah Thailand dan Laos, yang meluncurkan generasi keempat dari mobil yang dikenal juga sebagai Yaris Ativ.

Evolusi tampilan body Toyota Vios yang kini menjelma dengan wujud ala fastback plus antena sirip hiu di atap bagian belakang terlihat sangat greget dan lebih sporty dari generasi terdahulu.

Grille yang kini terlihat lebih besar dengan dominasi nuansa warna hitam jauh lebih keren tanpa imbuhan aksen chrome. Air scope pada sisi kiri dan kanan bumper depan menambah keren tampilan Toyota Vios.

Headlamp LED yang terintegrasi dengan lampu DRL LED berdesain huruf-L. Ini membuat tampilan depannya terlihat garang layaknya sebuah mobil sport. Sedangkan pada bagian buritan, dilengkapi lampu rem dan lampu sein LED dengan desain baru yang melebar ke ujung body.

Secara keseluruhan, tampilan eksterior sedan dengan gaya ala fastback ini tak ubahnya sebuah sedan mewah. Terlebih kini Toyota Vios dibekali velg alloy 17-inci dengan desain baru. Dengan bentuk yang baru, Vios telah berevolusi dan tak lagi dapat dipandang sebelah mata.

Baca juga :  GAC AION Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Indonesia?

Peremajaan Toyota Vios 

Peremajaan tampilan pun merambah pada area interior. Yang paling mencolok pada kabin adalah sistem infotaintment dengan layar sentuh 9-inci model floating. Konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto menjadi fitur standar. Air purifier pun dibekalkan untuk meningkatkan kualitas udara pada kabin Vios terbaru ini.

Pada dasbor sisi pengemudi, Vios kini dilengkapi dengan layar instrumen semi digital TFT 7-inci dan MID yang tak hanya terlihat lebih keren, namun lebih memudahkan pembacaan informasi saat berkendara.

Vios generasi terbaru menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang juga diaplikasikan pada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Toyota Veloz terbaru. Untuk saat ini Vios terbaru masih diimpor dari Thailand.

Mesin Baru

Jika Vios di negara ASEAN lainnya dibekali mesin 1NR-VE 1.2-liter Dual VVT-iE, Vios spek Indonesia mengusung mesin 4-silinder 1.496 cc Dual VVT-i berkode 2NR-VE dan tak lagi menggunakan mesin 1.5L 2NR-FE seperti pada generasi sebelumnya.

Mesin yang juga digunakan pada Veloz dan Avanza terbaru ini memiliki output daya maksimum 106 PS (sekitar 105 hp) yang diraih pada putaran mesin 6.000 rpm. Torsi maksimum 138 Nm dicapai pada 4.200 rpm. Tak sekadar menawarkan output performa yang jauh lebih besar dari spek Vios di negara tetangga, mesin ini diklaim memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih ekonomis.

Baca juga :  Subaru Indonesia Gelar Program SALF, Apa Itu?

Pilihan transmisi yang ditawarkan tak berbeda dari negara lainnya yakni manual 5-speed bagi para pecinta tiga pedal dan juga transmisi CVT.

Toyota Safety Sense 

Fitur keselamatan berkendara standar yang dibekalkan pada Vios pun cukup lengkap. Mulai dari airbag pada enam titik, sistem pengereman ABS dengan EBD, stability control, indikator blind spot, hingga sensor parkir depan dan belakang serta kamera parkir di bagian buritan.

Untuk varian Vios CVT, fitur Electronic Parking Brake with Auto Hold terintegrasi dengan sistem rem cakram pada keempat rodanya. Sedangkan varian bertransmisi manual dibekali rem cakram pada roda depan dan rem teromol pada roda belakang.

Pada varian tertinggi yakni Vios CVT TSS, dilengkapi dengan sistem teknologi keselamatan berkendara Toyota Safety Sense (TSS). Fitur canggih seperti Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Prevention, Auto High Beam, dan Pedal Misoperation Control yang dibekalkan tak ubahnya seperti pada sedan mewah Toyota diatasnya.

All New Vios hadir dalam lima warna pilihan, termasuk warna baru Premium White Pearl yang terlihat elegan dan telah dapat dipesan di seluruh jaringan dealer Toyota.

Varian bertransmisi manual 1.5 E M/T saat ini menjadi yang termurah dengan label harga Rp314,9 juta. Sedangkan untuk varian 1.5 G CVT dibanderol seharga Rp355,2 juta. Varian spek tertinggi yakni 1.5 G CVT TSS dipasarkan dengan harga Rp368,4 juta. Seluruh harga adalah off-the road.

4 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x