Lexus IS 500 Climax Edition Jadi Penutup Sedan V8 

24 June 2025 | 8:00 pm | Rizky Dermawan

Sedan Lexus IS 500 akan segera tutup buku. Makin sedikit saja populasi sedan sport bermesin 5.0-liter V8 non-turbo yang beredar di pasaran.

Regulasi ambang batas emisi gas buang yang berlaku di berbagai negara, ternasuk di Jepang kian ketat. Ruang gerak mobil sport high performance peminum bensin murni pun makin tak leluasa.

Sebagai edisi pamitan, Lexus meluncurkan model sedan IS 500 Climax Edition. Hanya ada 500 unit bernomor seri khusus yang bakal jadi rebutan kolektor di Jepang.

Climax Edition 

Tak ada yang berubah pada spek mesin bensin 5.0-liter V8 yang dibekalkan. Output tenaganya yang 472 hp dengan torsi puncak 535 Nm dianggap sudah pas. Transmisi pun tetap versi automatic 8-speed dengan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Sebagai ciri pembeda, sedan IS 500 spek standar yang jadi basis model edisi terbatas Climax Edition pun diupgrade.

Cakram rem standar diuograde dengan cakram berventilasi. Ukurannya pun lebih besar yakni 380 mm. Kaliper rem standsr pun ganti versi 6 piston lansiran Brembo. Kampas rem juga ganti dengan yang lebih tahan gesek dan suhu ekstrem. Spek sistem rem baru ini setara rem bawaan IS 500 RC F Coupe yang siap beraksi di sirkuit balap.

Karena rem cakram Brembo ukurannya besar, maka pelek standar pun ganti dengan pelek forged aluminium 19-inci berkelir matte black lansiran BBS. Model pelek ini identik dengan IS 500 Ultimate Edition versi US-spec dan IS 500 F Sport Mode Black series spek JDM. Hanya warna saja yang beda. Agar tampilan eksterior terlihat beda, ada opsi warna baru Neutrino Gray.

Baca juga :  Mitsubishi Fuso Resmikan Dealer ke-226 di Indonesia

Kemasan interior pun mendapat sentuhan khusus. Panel interior ternasuk jok dibalut kulit Ultrasuede. Khusus shift knob dan setir dipadukan dengan kulit berbintik. Kombinasi warna Hitam dan Flare Red mendominasi interior.

Jam analog pada dashboard pun desainnya sedikit beda dari IS 500 standar. Pada layar instrumen LCD 8-inci dindashboard akan muncul grafis sambutan berdesain unik saat mobil mulai start. Sebagai penanda mobil edisi khusus, pada konsol tengah tersemat plakat bertuliskan “Climax Edition”.

Edisi JDM dan US-Spec 

Para konsumen di Jepang tak perlu menanti terlalu lama. Sebanyak 500 unit sedan IS 500 Climax Edition akan tersebar di seluruh butik Lexus seantero Jepang mulai Agustus 2025 mendatang.

Untuk versi Jepang ini harga per unitnya mulai dari ¥9.500.000 atau setara Rp 1,06 miliar. Sebagai perbandingan, Lexus IS 500 varian standar dibanderol mulai dari ¥8.500.000 atau sekitar Rp 955 jutaan. Sedangkan model edisi terbatas First Edition keluaran tahun 2022 label harganya ¥9.000.000 atau setara Rp 1,01 miliaran. Selisih harganya yang hanya berkisar Rp 40 jutaan – Rp 110 jutaan masih cukup wajar.

Tak hanya beredar di Jepang, edisi serupa pun akan tersedia di Negeri Paman Sam dalam waktu dekat. Hanya labelnya saja yang beda, yakni IS 500 Ultimate Edition. Jumlahnya pun sama, hanya ada 500 unit. Hanya saja, untuk versi US-spec ini belum diumumkan berapa harga per unitnya. Namun sebagai gambaran, Lexus IS 500 F Sport Performance model tahun 2025 di AS label harganya mulai dari $60.715 atau sekira Rp 996 jutaan. Diperkirakan harga model edisi terbatas Lexus IS 500 Ultimate Edition tak jauh beda dengan di Jepang.

Baca juga :  inDrive, Alternatif Baru Untuk Transportasi Online di Indonesia

Bagaimana Kelanjutan Lexus IS? 

Sejak pertamakali diluncurkan pada tahun 1999, hingga saat ini sedan IS telah terjual sebanyak 1,3 juta unit di 40 negara. Capaian selama dua dekade yang cukup bagus untuk sedan premium high performance seperti Lexus IS.

Generasi yang saat ini beredar di pasaran muncul sejak tahun 2013 sebagai salah satu ikon era baru dari gaya desain Lexus.

Penyegaran gaya tampilan maupun fitur yang dilakukan Lexus pada tahun 2017 dan 2020 tak terlalu banyak juga. Dan kini Lexus akan mengakhiri era sedan IS bermesin V8.

Apakah nantinya sedan IS akan menjelma menjadi mobil listrik high performance? Lalu adakah kemungkinan bakal muncul versi estate atau shooting brake? Beraneka ragam prediksi pun bermunculan.

Untuk saat ini Lexus belum berkomentar seputar prediksi kelanjutan generasi sedan IS yang kini tengah berkembang. Ditambah lagi dengan pernyataan Akio Toyoda yang terkesan lebih memilih keberlanjutan mobil hybrid. Pasalnya, mobil hybrid  auh lebih diminati para konsumen daripada mobil listrik. Tentu saja trend dan permintaan pasar turut menjadi penentu akan seperti apa masa depan Lexus IS nantinya…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x