Honda Prospect Motor (HPM), pemegang merek mobil HOnda di Indonesia berganti pimpinan. Penyegaran ini diumumkan kemarin (27/03) di Jakarta.
Jabatan presiden direktur yang tadinya diemban oleh Kotaro Shimizu diserahkan kepada orang baru, Shugo Watanabe.
Shimizu yang menjabat sejak 2022 dinilai berhasil oleh berbagai kalangan. Terutama karena ia memimpin HPM di masa menjelang berakhirnya pandemi.
Di bawah arahannya, HPM menjadi merek yang mengedepankan kemajuan teknologi, terutama elektrifikasi. Terbukti dengan hadirnya CR-V e:HEV dan Accord e:HEV. Di masa tugasnya juga ia menghadirkan Honda Civic Type R, hingga small SUV pertama, Honda WR-V.
“Ketika pertama kali bertugas di Indonesia sebagai bagian dari HPM, saya merasa bersemangat karena saya percaya Indonesia adalah salah satu pasar Honda yang memiliki potensi besar dan penuh dengan tantangan. Sayangnya, saya tiba disini pada saat transisi dari pandemi. Namun, saya bersyukur atas dukungan dari teman-teman media juga, Honda mampu melewati masa-masa sulit ini,” tutur Kotaro Shimizu.
Kiprah Watanabe
Presiden DIrektur HPM, Shugo Watanabe juga sepertinya bukan orang sembarangan. Pengalamannya sangat beragam mengurus Honda di berbagai negara.
Dari keterangan resmi yang kami terima, porto folio Watanabe cukup panjang. Pertama kali bergabung dengan Honda pada tahun 2000. Pada tahun 2007, ia bertugas di Spanyol dan kemudian kembali ke Jepang pada tahun 2010.
Selanjutnya ia bertugas di Malaysia pada tahun 2015 dan pada tahun 2018 bertugas di India. Kemudian pada tahun 2021 Watanabe bertugas di Amerika Serikat sebagai Vice President Auto Planning & Strategy Auto Sales. Kemudian menjadi President Director PT Honda Prospect Motor di tahun 2024.
“Indonesia merupakan pasar yang strategis bagi Honda, dan saya merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin Honda Prospect Motor menjadi perusahaan yang keberadaanya diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, visi saya adalah untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas, dapat diandalkan serta sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” kata Watanabe.
Jadi, bisa dipastikan, mereka akan punya model baru selalu. Kita nantikan kiprah Watanabe di pasar otomotif Indonesia.