Suzuki Baleno Facelift, Alternatif Menarik di Segmen Hatchback

7 October 2024 | 2:54 pm | Rizky Dermawan

Segmen hatchback konvensional masih mampu unjuk gigi di tengah gempuran mobil listrik yang mulai masuk ke pasar otomotif Indonesia. Salah satu model yang mampu bertahan dan adalah All-new Suzuki Baleno facelift.

Meskipun saat dipamerkan di GIIAS 2024 lalu tak seperti model sejenisnya yang benar-benar baru, Baleno Hatchback tetap diminati para pengunjung.

Sekira 18 persen penjualan Suzuki Indonesia di GIIAS 2024 lalu selama 11 hari pameran ditopang oleh 304 unit Baleno. Salah satu bukti jika Baleno hatchback masih diminati oleh cukup banyak konsumen.

Kemudian data wholesales Gaikindo juga menunjukan lebih dari 2.000 unit terjual sejak Januari hingga Agustus lalu.  

Harga Paling Terjangkau

Label harga hingga saat ini masih jadi salah satu pertimbangan utama para konsumen. Saat kompetitor lainnya memoles serta menjejali dengan berbagai gimick hingga harga jual tembus Rp 300 jutaan, Suzuki Baleno facelift tetap di level Rp 283,9 juta.

Sebagai gambaran pembanding, Honda City Hatchback RS transmisi manual (MT) harganya mulai dari Rp 352,5 juta. Ini adalah yang termurah dari tiga varian yang ada. City Hatchback RS CVT yang dilengkapi Honda Sensing sebagai varian teratas dibanderol Rp 382,5 juta. Selisihnya jelas sangat jauh dibanding Baleno hatchback.

Kompetitor Baleno lainnya yang terbilang paling murah yakni Toyota Yaris 1.5 S CVT GR SPORT 3 Airbags Monotone banderolnya sudah Rp 341,4 juta. Selisihnya yang sekira Rp 57,5 jutaan dibanding Baleno hatchback terbilang masih cukup banyak.

Baca juga :  Microsleep dan Risikonya Bagi Pengendara

Desain Cukup

Secara desain Baleno memiliki bentuk yang tidak membosankan. Desain grille baru dan lampu depan LED 3 Point Signature berfitur Guide Me Light serta Auto Headlight tak kalah keren dari model sekelasnya. Imbuhan foglamp, lampu belakang LED model 3 point plus lampu rem pada roof spoiler. 

Intinya, Baleno masih punya daya tarik yang mumpuni untuk menghadapi rivalnya. Meski, kami merasa akan lebih baik kalau ada penyegaran. 

Kabin Khas Suzuki

Interior suzuki Baleno

Dari segi kualitas, panel interior tak beda dari rival sekelasnya yang juga berbahan plastik. Desain dasboard sedikit lebih simple dan tak banyak pernik dibanding dengan kompetitornya.

Soal kualitas kenyamanan kabin harus diakui Suzuki Baleno terbaru sepadan dengan rival lainnya. Ruang kabin cukup lapang untuk sebuah hatchback. Desain jok yang ergonomis meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Hanya saja sandaran jok belakang agak terlalu tegak. Meskipun begitu ruang kepala dan kaki cukup lega pada jok depan dan belakang.

Volume bagasinya yang 318 liter cukup besar dan bisa memuat cukup banyak barang bawaan.

Fitur Interior

Dashboard All new Suzuki Baleno

New Baleno hatchback kini dilengkapi head unit berupa layar sentuh model baru pada dashboardnya.

Tak hanya terlihat lebih modern, ukurannya pun membesar dari 6,8-inci menjadi 9-inci. Sistem infotaintment pada New Baleno hatchback kini dilengkapi koneksi Apple CarPlay dan Andoid Auto. Sejumlah soket USB-C untuk pengisian daya baterai ponsel pintar pun terdapat pada kabin. Tak perlu khawatir jika ponsel mendadak lowbat, tinggal colok.

Baca juga :  Plus-Minus Suzuki Baleno Hatchback, Masih Menarik?

Pada setir pun kini dilengkapi tombol yang terhubung dengan panel instrument serta head unit. Pengaturan fitur berkendara pun jadi kian mudah. Dilengkapi juga dengan Head-Up Display (HUD) yang memuat beragam informasi kecepatan berkendara,

Pada panel tengah dashboard terdapat ventilasi AC yang dilengkapi fitur Auto Climate Control. Fitur modern lainnya yakni Cruise Control dan  kamera 360°. Tangkapan gambar dari empat kamera yang terletak di depan, samping kanan-kiri dan belakang akan ditampilkan pada layar head unit.  Sekali lagi, meski tanpa ADAS, tapi fitur-fitur tersebut cukup untuk membantu pengendaranya. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x