Agya Bakal Sama Persis Dengan Axia?

12 February 2023 | 9:01 pm | Aldi Prihaditama

Tanggal 13 Februari 2023 menjadi momen penting bagi Toyota di Indonesia. Karena kemungkinan besar hari tersebut ialah diperkenalkannya Agya generasi terbaru. Dalam beberapa hari terakhir, dunia maya telah diramaikan dengan sosok kembaran Toyota Agya di Malaysia, yakni Perodua Axia. Bahkan, jaringan dealer Perodua pun telah membuka keran bagi konsumen yang ingin memesan Axia teranyar ini.

Toyota Agya, Daihatsu Ayla, maupun Perodua Axia generasi terbaru akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Bahasa desainnya juga akan berubah total, kemungkinan besar desain lamanya pun sama sekali ditinggalkan.

Mengacu pada sejumlah foto yang beredar, dimensi bodinya menjadi lebih panjang dan lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Desain eksteriornya banyak berubah, mulai grille, bumper, lampu depan dan belakang, hingga bagian buritan yang lebih modern. Bahkan sistem pencahayaan sudah menggunakan lampu LED dan fitur daytime running light.

Uniknya, jantung mekanis masih mempercayakan unit 1KR-VE 3 silinder berkapasitas 1.0 liter. Lalu bagaimana dengan nasib unit 3NR-VE 4 silinder berkapasitas 1.2 liter? Bisa saja Toyota memasangnya di Agya generasi terbaru ini, bisa jadi untuk varian teratas di Indonesia. Namun, pada Perodua Axia di Malaysia memang tidak ada pilihan mesin 1.2 liter tersebut.

Mengacu pada laman Perodua, fitur keselamatan berkendara pun bertebaran di Axia, sebut saja sistem pengereman yang didukung ABS, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, tak ketinggalan Traction Control. Pada varian teratas juga mempunyai enam buah airbag yang berada di bagian depan, samping serta tirai (curtain).

Baca juga :  Ducati Monster Senna, Mengenang 30 Tahun Tragedi Legenda F1

Oke, tak hanya sosok fisik Perodua Axia saja yang terkuak, sebab sejumlah fiturnya pun sudah dibeberkan. Setidaknya, hal tersebut bisa jadi gambaran apa saja fitur yang kemungkinan juga akan diterapkan pada Toyota Agya, atau bahkan pada Daihatsu Ayla generasi terbaru nanti. Karena ketiga mobil ini memang ‘satu rahim’.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x