Akankah Audi R8 GT Jadi Generasi Terakhir R8 V10?

11 October 2022 | 7:17 pm | Rizky Dermawan

Audi R8 GT edisi khusus ini hanya akan tersedia dalam 333 unit saja.

Audi kembali meluncurkan edisi terbatas R8 GT berpenggerak RWD. Dibekali mesin 5.2-liter V10 naturally-aspirated dari R8 RWD standard yang diramu ulang. Output daya pun terdongkrak 40 hp menjadi 602 hp, setara dengan R8 Quattro. Luapan torsi 560 Nm yang disalurkan ke poros roda belakang via transmisi dual-clutch 7-speed. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 3,4 detik, dan kecepatan maksimumnya mampu mencapai 320 km/jam.

Menariknya, Audi mengimbuhkan mode Torque Rear yang membuat penggunanya dapat mengatur setting kontrol traksi pada roda, mulai dari level 1 dengan slip roda paling minim, hingga level 7 dengan slip roda yang paling terasa. Ngeri-ngeri sedap…

Sebagai pembeda dari varian R8 biasa, seperangkat Carbon Aero body kit diimbuhkan mulai dari splitter depan, side skirts, sayap spoiler belakang serta sirip diffuser di buritan bagian bawah. Emblem khusus berwarna hitam pun disematkan pada body R8 GT.

Untuk area kokpit, kombinasi warna merah dan hitam mengingatkan pada R8 GT original. Pada konsol tengah, balutan serat karbon seolah membingkai tuas selektor. Tak lupa sebuah plakat dengan nomor seri khusus terpampang pada konsol tengah.

Dengan bobot 1.730 kg, mobil ini 20 kg lebih ringan dari model R8 RWD varian standar. Pengurangan bobot tersebut dihasilkan oleh penggunaan velg 20-inci spek balap yang jauh lebih ringan. Penggunaan rem cakram keramik-karbon serta jok balap dan anti roll bar depan berbahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) turut berpartisipasi mengurangi bobot kendaraan.

Baca juga :  Red Bull Racing Honda Terdepan di Grand Prix Spanyol 2024

Para fans R8 bakal beradu cepat untuk memesan mobil ini. Pasalnya, R8 GT edisi khusus yang akan mulai disebar ke seluruh dunia pada tahun depan, hanya dibuat sebanyak 333 unit saja. Perihal harga, pihak pabrikan akan segera mengumumkan dalam waktu dekat.

Memasuki era elektrifikasi, Audi tengah berencana menggarap varian GT dengan penggerak bertenaga listrik dan mulai menggusur mesin konvensional. Bila hal itu benar terjadi, maka kemungkinan besar mobil ini bakal menjadi generasi terakhir dari R8 peminum jus dinosaurus.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x