Alfa Romeo Giulia dan Stelvio Super Sports, Kami Ingin Punya!

15 June 2024 | 8:11 am | Rizky Dermawan

Mengenang masa lalu yang gemilang, pabrikan Alfa Romeo meluncurkan dua model edisi terbatas “Super Sports” untuk Giulia dan Stelvio Quadrifoglio.

Kedua model edisi spesial ini menjadi penanda kilas balik kemenangan telak Alfa Romeo di ajang balap Mille Miglia tahun 1928.

Saat itu,  didominasi oleh Alfa Romeo 6C 1500 SS (Super Sport) besutan pembalap Giuseppe Campari dan Giulio Ramponi yang menyabet gelar juara umum. 

Quadrifoglio Dioprek

Alfa Romeo tak perlu repot mengoprek setting mesin maupun banyak merombak tampilan. Baik Giulia atau Stelvio tersedia varian Quadrifoglio V6 yang jadi primadona para penyuka adu kencang.

Tampilan eksterior kedua model Super Sport ini sedikit beda dari Quadrifoglio biasa. Emblem helai daun Semanggi “Quadrifoglio” yang jadi ciri khas tampil berlatar hitam dengan sisipan aksen serat karbon.

Sejumlah panel bodi pun berhias garnish carbon fiber. Lampu depan adaptive LED matrix telah menggunakan desain 3+3 terbaru.

Kap mesin, grille, spion, side skirt, sirip splitter depan hingga spoiler dan sirip diffuser belakang hingga opsional atap menggunakan bahan serat karbon.

Kaliper rem high performance berkelir hitam terlihat dari balik pelek alloy model khusus. Giulia menggunakan pelek ukuran 19-inci, dan Stelvio ditopang pelek ukuran 21-inci.

Para konsumen dapat memilih bodi berlabur nuansa hitam glossy Nero Vulcano. Atau rona merah menyala Rosso Etna yang terdiri dari tiga lapisan cat khusus. Jika ingin tampil kalem dan elegan, untuk Giulia tersedia opsi warna putih mutiara Bianco Alfa.

Baca juga :  Chery Kolaborasi Bareng DHL Supply Chain Untuk Distribusi Onderdil

Interior Anyaman

Di interior, Alfa Romeo memadukan kulit Alcantara dengan aksen 3D dari anyaman berbahan serat karbon warna merah. Terlihat pada area dashboard, konsol tengah, hingga door trim.

Sedangkan pada jok tersemat logo Super Sport warna merah dan nomor seri edisi khusus yang dibordir di bagian headrest.

Dashboardnya dibekali layar instrument digital TFT berukuran 12.3-inci dan layar infotaintment ukuran 8.8-inci.

Beda Spek

Ternyata performa Quadrifoglio spek Eropa dan AS terdapat perbedaan. Untuk kawasan Eropa, mesin V6 2.9-liter twin-turbo yang dibekalkan bertenaga 513 hp. Untuk versi US-spec output tenaganya 505 hp. Hanya selisih tipis…

Sistem penggerak RWD (Giulia) dan AWD (Stelvio) dipadukan dengan perangkat limited-slip differential lansiran GTA. Transmisinya automatic 8-speed.

Deru raungan suara mesin V6 dijamin kian syahdu dengan satu set sistem exhaust lansiran Akrapovic.

Hasilnya, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 3,8 detik pada Giulia dan 3,6 detik untuk Stelvio. Top speed tembus 307 km/jam untuk Giulia. Stelvio yang bongsor meraih 283 km/jam.

Alfa Romeo memproduksi 275 unit Giulia dan 175 unit Stelvio edisi khusus ini. Hanya saja, 72 Giulia dan 52 unit SUV Stelvio adalah jatah khusus Amerika. Indonesia? Coba tanyakan ke para Importir Umum. 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x