All New Lexus RX 2023 Mulai Dijual di Indonesia, Tetap Mewah Harganya Masuk Akal

21 February 2023 | 1:51 pm | Indra Alfarisy

Lexus memberikan kejutan dengan memperkenalkan SUV baru untuk pasar Indonesia. Inilah All New Lexus RX, yang dipasarkan dalam tiga varian, RX350, RX450h+ Luxury dan 350h Luxury.

Penggeraknya tidak hanya mesin konvensional untuk kedua SUV mewah ini. Versi RX350h dibekali sistem hybrid series-paralel dengan baterai 1,6 kWh. Mesinnya A25A-FXS berkapasitas 2,5 liter bertenaga 189 hp. Transmisinya eCVT. Besaran tenaga (kombinasi) adalah 246 hp dengan torsi 316 Nm.

Lexus RX450h

Sementara RX450h jadi keunikan di generasi ini. SUV  tersebut dibekali dengan sistem PHEV, dual motor dengan baterai 18,1 kWh. Untuk pertama kalinya ada Lexus RX PHEV. Mesin empat silinder konvensional yang digunakan sama-sama A25A-FXS. Tenaga mesinnya disunat 182 hp dengan torsi 227 Nm. Tapi kombinasi tenaga dua motor listrik dan mesin bensin adalah 304 hp.

Lexus350h

Sedangkan RX350 konvensional dibekali mesin T24A-FTS empat silinder 2,5 liter lengkap dengan turbocharger. Daya puncak mencapai 275 hp dengan torsi 450 Nm. Transmisi otomatis 8-speed Direct Shift, bertugas meneruskan daya ke roda depan.

Mesin Lexus RX

TNGA Buat Perubahan

Bagian eksterior terlihat jelas berubah. Meski grill khas Lexus, Spindle grill tetap hadir, tapi terlihat lebih kokoh. Dan lebih konservatif dibanding sebelumnya. Pelek 21 inci dibungkus ban 235/50 terpasang di depan dan belakang.

Interior Lexus RX

Pembaruan All New Lexus RX terbilang total. Platform menggunakan TNGA-K (Toyota Next Generation Architecture K). Basis baru ini memberikan banyak keuntungan. Pertama, bobotnya bisa ditekan. Generasi baru ini diklaim 90 kg lebih ringan.

Baca juga :  Kantor Baru Citroën Indonesia Punya Gaya Simpel dan Modern

Pusat bobotnya bisa direndahkan hingga 15 mm. Panjangnya sama seperti RX generasi sebelum ini (4.890 mm). Namun wheelbase bertambah 60 mm menjadi 2.850 mm. Ini membuat kabinnya, terutama di baris belakang terasa lega.

Kelegaan kabin juga didukung oleh konstruksi suspensi belakang yang dioptimalkan. Menurut Lexus, kaki belakang ini menggunakan model multi link terbaru yang mereka kembangkan sendiri. Depannya tetap mengandalkan MacPherson strut seperti sebelumnya.

Seperti biasa, kemewahan ala Lexus membuat kami kagum. Kualitas interiornya patut diacungi jempol. Selain itu, sistem infotainment didukung oleh keluaran suara racikan Mark Levinson. Total ada 21 speaker di mobil ini. Layar 14 inci terpampang di tengah dashboard. Sementara instrumen digital memberikan informasi berkendara di depan pengemudi.

Sepasang layar sentuh juga dipasang untuk hiburan penumpang baris kedua. Di bagian ini juga terdapat dua soket USB dan pengendali AC yang lengkap dengan kemampuan pengaturan suhu.

Lexus Indonesia memasarkan All New Lexus RX dengan harga Rp 1,7 milyar untuk versi RX350h. Sedangkan RX450h dihargai Rp 1,87 milyar dan RX350 konvensional harganya Rp 1,65 milyar. Asiknya, ini harga On the road (DKI Jakarta).

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x