All New Toyota Alphard dan Vellfire Diluncurkan, Ini Harganya

21 June 2023 | 3:26 pm | Indra Alfarisy

Toyota, sesuai janji, meluncurkan All New Toyota Alphard dan Velfire generasi terbaru hari ini, di Jepang. Harga Alphard paling murah setara Rp 568.170.000, sementara Vellfire Rp 689 juta.

Baik Alphard maupun Vellfire berdiri diatas platform TNGA-K, dengan paras yang familiar. Desainnya mengusung konsep Forceful x Impact Luxury. Hasilnya, tetap mengotak tapi terlihat kokoh serta tentunya ada perubahan yang banyak dari depan hingga ke belakang.

Bentuk Toyota alphard 2023

 

Toyota Alphard memiliki grill besar dengan motif plat kotak, dengan lampu depan berdesain lebih slim ketimbang punya Vellfire. Untuk kembarannya, Toyota membekali grill yang lebih konvensional meskipun tetap saja besar. Grillnya dibekali palang-palang yang membuat mobil ini terlihat gagah.

Toyota Vellfire

Dari samping, keduanya serupa. Kalau diperhatikan, Alphard maupun Vellfire memiliki garis pinggang yang sama. Bedanya ada di pelek, dimana punya Vellfire lebih sporty.

Tampak samping Alphard baru

Interiornya dirombak total. Bahkan desainernya menambahkan ruang kaki sebanyak limi milimeter untuk baris kedua. Sedangkan deret paling belakang, ruang kakinya bertambah 10 mm.

Bagian samping Toyota Vellfire

Vellfire memiliki pelek yang lebih sporty

Dashboard-nya terlihat lebih bersih. Layar monitor menjadi pusat kendali berbagai fitur seperti AC. Tuas transmisi terlihat modern, lokasinya disatukan dengan tombol rem tangan dan pengendali traksi. Yang pasti kabin ini dibekali dengan material kelas atas dari depan hingga belakang.

Dashboard Toyota Vellfire terbaru

Dashboard Toyota Vellfire

Fitur bantu berkendara TSS (Toyota Safety Sense) terbaru dipastikan hadir untuk keduanya. Hal baru adalah hadirnya Proactive Driving Assist, yang mampu memprediksi input pengendara lalu menyesuaikan bobot putar kemudi. Teknologi ini juga mampu melakukan deselerasi lebih awal waktu bermanuver, kalau diperlukan.

Dashboard Toyota Alphard baru

Dashboard Toyota Alphard minimalis

Hadir juga kemampuan parkir secara otonom (Advance Park), asal tersedia lahan selebar minimal 1.850 mm, dengan panjang ruang 5.000 mm. Ukuran ini adalah regulasi standar untuk teknologi parkir otomatis di Jepang.

Baca juga :  Wiper Buatan Bosch Dukung Keselamatan Berkendara

Ada Mesin Turbo

Yang ada di balik kap mesin All New Toyota Alphard ada dua pilihan. Pertama mesin 2AR-FE dengan kapasitas 2,5 liter, empat silinder. Tenaganya 180 hp pada 6.000 rpm, dengan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm. Transmisinya bernama Super CVT i-Transmission. Sebagai penggerak ada opsi 2WD gerak depan atau AWD.

Tampak belakang Torota Alphard

Buritan Alphard, terlihat rapi dan bersih.

Pilihan mesin lainnya adalah hybrid. Mesin konvensional diambil dari keluarga jantung mekanis A25A-FXS yang juga berkapasitas 2,5 liter empat silinder. Ditempelkan dengan motor listrik untuk menghasilkan tenaga kombinasi 247 hp. Transmisi E-CVT jadi penyalur daya ke roda, dan seperti versi biasa, ada versi 2WD atau AWD.

Bagian belakang Vellfire

Bagian belakang Vellfire. Terlihat bedanya?

Lalu untuk opsi mesin Toyota Vellfire baru, sebetulnya sama seperti Alphard. Namun ada satu tambahan varian dengan jantung mekanis turbo. Namanya adalah Vellfire Z Premiere, dengan kode mesin T24A-FTS. Anda bisa menemukan juga mesin ini di Lexus LM 500h. Namun tidak seperti versi Lexus, tidak ada varian Z Premiere dengan imbuhan hybrid.

Toyota Vellfire terbaru

Khusus Vellfire, ada opsi mesin turbo

Penggerak ini menghasilkan 275 hp, dengan torsi puncak 430 Nm. Transmisi buatan Toyota, Direct Shift 8AT akan meneruskan tenaga ke roda depan, atau semua roda.

Toyota berharap kedua mobil ini bisa terjual 8.500 unit perbulan. Diperkirakan Alphard akan mendominasi penjualan hingga 70 persen. Sisanya Vellfire.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Candra
10 months ago

Orkay di Indo pasti pada buruan inden

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x