All New Toyota Camry Mulai Dijual di Singapura, Indonesia Kapan?

2 September 2024 | 7:59 am | Indra Alfarisy

Toyota Camry generasi sembilan yang debut bulan November 2023 di Amerika Serikat, akhirnya mendarat di wilayah ASEAN. Singapura menjadi negara pertama di kawasan yang menjual sedan pesaing Honda Accord ini, mulai akhir Agustus kemarin.

Di Singapura, Toyota Camry dijual dengan harga SGD 246.888 atau setara Rp 2,9 milyar. Tidak perlu kaget dengan harganya karena di negara itu mobil harganya selangit. Dan tentunya tidak bisa dijadikan patokan harga untuk negara lain. Karena negara pulau itu punya kebijakan soal kepemilikan mobil. Makanya mahal.

Camry di Singapura dijual dalam satu varian bernama Elegance. Spesifikasinya mirip dengan yang ada di pasar Amerika Serikat yaitu bermesin empat silinder 2,5 liter hybrid dengan tenaga total (mesin dan generator listrik) 231 hp. Transmisi eCVT menyalurkan daya ke roda depan (FWD).

Toyota setempat mengklaim konsumsi BBM Camry sebesar 19,6 km/liter. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 115 g/km. Artinya, kalau melihat aturan kendali polusi di sana yang disebut Vehicular Emissions Scheme (VES), Camry termasuk dalam kategori mobil A2. Pembelinya berhak mendapatkan potongan harga hingga SGD 15.000. Sekitar Rp 178 jutaan.

Kelengkapan Standar

Interior Toyota Camry ASEAN

Kelengkapan standar, selain kabin yang mewah adalah lampu depan, buritan hingga foglight sudah LED, pelek 18 inci. Di kabin, ada dashboard dengan layar infotainment 12,3 inci, instrument cluster juga berukuran serupa, audio system buatan JBL dengan sembilan speaker, jok elektrik. Tidak ketinggalan ada Heads Up Display (HUD) untuk membantu pengemudi.

Baca juga :  Kawasaki MULE PRO-DXT FE dan Brute 750 Siap Garuk Tanah

Di belakang, penumpang punya otoritas penuh untuk mengatur posisi kursinya melalui control panel di arm rest. Dari panel ini juga bisa diatur tingkat suhu AC, tirai belakang, hingga setting audio.

Untuk fitur bantu berkendara, tidak perlu ragu karena ini Camry. Paket lengkap TSS sudah jadi bawaan.

Kapan masuk Indonesia? Tunggu saja. Toyota Astra Motor sedang mempersiapkan Toyota Fortuner baru dalam waktu dekat ini. Camry mungkin setelah itu.

Yang pasti, di tanah air, Camry dijual dengan harga Rp 809,8 juta untuk versi bensin (Camry V). Sedangkan Camry hybrid Rp 945,4 juta (OTR Jakarta).

Sumber: Autobuzz

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x