Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik: EV Perlu Inovasi Perbankan

23 August 2024 | 3:41 pm | Rizky Dermawan

Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML) menggelar AEML Knowledge Exchange Forum (AKEF) 2024. Forum diskusi lintas industri ini hadir untuk membahas isu-isu penting dalam mendorong percepatan mobilitas listrik di Indonesia. Acara diadakan di Soehanna Hall, Jakarta, pada Kamis (22/8).

Acara bertajuk “Navigating The EV Ecosystem and Financing Innovations in Indonesia” ini dihadiri oleh perwakilan dari lembaga pemerintah, industri swasta, akademisi, mitra pembangunan, dan lembaga keuangan.

Penyelenggaraan AKEF 2024 merujuk kepada fakta penjualan kendaraan listrik di Indonesia yang tumbuh signifikan. Tahun 2022 ke 2023, sebesar 262 persen untuk motor listrik. Dari 17,198 unit menjadi 62,409 unit. Lalu, 43 persen untuk mobil listrik. Yang tadinya 8,562 unit di 2022 menjadi 12,248 unit di 2023.

AEML pun menggandeng IESR dan Grab untuk meluncurkan platform Infomolis.id untuk  mengedukasi publik mengenai mobilitas listrik di Indonesia.

Inovasi Pembiayaan EV

Dalam kegiatan AKEF 2024 terdapat dua diskusi panel. Sesi pertama dengan tema “Inovasi Pembiayaan dan Strategi Investasi untuk Adopsi EV”  dihadiri oleh perwakilan dari International Finance Corporation (IFC), Rocky Mountain Institute (RMI), dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Sementara sesi kedua dengan tema “Mitigasi Risiko Finansial dalam Investasi atau Pembiayaan EV” menghadirkan pembicara dari pihak AEML, perusahaan fleets-as-a-service (FaaS) KALISTA, merek kendaraan listrik lokal Electrum, PLN, dan Bank DBS Indonesia.

Disimpulkan, dukungan dari sektor pembiayaan dan perbankan, serta subsidi dan insentif pemerintah, dapat mendorong adopsi kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Diperlukan skema pembiayaan inovatif, seperti leasing, obligasi hijau, penyediaan crowdfunding, buy back guarantee. Jangan lupa juga battery as a service (BaaS), untuk meningkatkan aksesibilitas EV dan mengurangi biaya awal.

Baca juga :  Peugeot-DAB Motors Luncurkan Sepeda Motor Listrik Bertema Olimpiade Paris 2024

Portal Edukasi Infomolis.id

AEML berkolaborasi dengan IESR sebagai knowledge partner dan Grab untuk menghadirkan sebuah portal informasi interaktif yaitu Infomolis.id. Portal ini dirancang tidak berbayar sebagai medium penyedia informasi bagi publik mengenai mobilitas listrik di Indonesia.

Penyelenggaraan AKEF 2024, bersama dengan peluncuran Infomolis.id, merupakan bagian dari rangkaian inisiatif Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) Republik Indonesia bertajuk Indonesia International Sustainability Forum (ISF). Untuk itu, seluruh hasil diskusi yang terangkum dalam agenda terkait akan dikelola menjadi output dalam pelaksanaan program ISF 2024.

Dannif Danusaputro, Ketua Umum Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik menyebut, AKEF 2024 bertujuan untuk mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk transisi ke kendaraan listrik yang lebih masif. “Wadah diskusi seperti AKEF 2024 ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memberikan masukan yang bermanfaat bagi pemerintah untuk dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan terkait kendaraan listrik di masa mendatang,” jelasnya.

 

 

 

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x