Aston Martin Vanquish Generasi Terbaru Segera Dijual

4 September 2024 | 1:02 pm | Rizky Dermawan

Selubung kamuflase yang membungkus bodi generasi terbaru Aston Martin Vanquish akhirnya tersingkap. Pabrikan Inggris ini resmi menampilkan versi final dari prototype yang akan segera diproduksi.

Di balik kap mesinnya tersimpan mesin 5.2-liter V12 twin-turbo yang dijejalkan punya output tenaga 824 hp dengan torsi maksimum 1.000 Nm.

Transmisi automatic 8-speed akan menyalurkan daya dan torsi ke poros roda belakang lengkap dengan perangkat electronic limited slip differential.

Akselerasi 0-100 km/jam diklaim hanya butuh waktu 3,2 detik. Sedangkan ttop speed dibatasi hanya 344 km/jam. Ini angka top speed tertinggi pada mobil spek jalan raya yang pernah diproduksi Aston Martin.

Pembenahan Teknis

Karena performa Vanquish mengalami peningkatan pesat dari sebelumnya, maka sejumlah pembenahan teknis pun dilakukan.

Struktur rangka aluminium dipadukan dengan bodi serat karbon. Tak sekadar bikin bobot mobil GT ini jadi ringan. Kekokohan struktur diklaim meningkat 75%. Jauh lebih baik dari Aston Martin DBS 770 Ultimate.

Jarak wheelbase dibikin lebih mulur 80 mm dari Vanquish terdahulu agar stabilitas dan distribusi bobot depan-belakang jadi lebih imbang.

Suspensi aktif Bilstein DTX yang dibekalkan punya setting redaman yang disesuaikan dengan mode berkendara. Pada suspensi depan pun kini dibekali anti-roll bar yang lebih tebal untuk meningkatkan stabilitas.

Karena performa meningkat, handling berkendara pun harus disesuaikan. Sistem electric power steering dan electronic stability control dikalibrasi ulang sesuai settting mode berkendara.

Baca juga :  Innova Community 18 Tahun, Bawa Semangat Bebas Karbon

Upgrade teknis juga merambah pada sistem rem Aston martin Vanquish. Material cakram rem keramik karbon berukuran 410 mm (depan) dan 360 mm (belakang) diklaim jauh lebih baik dari Vanquish generasi sebelumnya. Bahkan rem tak akan kehilangan daya cengkeram meskipun suhu cakram mencapai 800°C!

Ini versi pra produksi, jadi Aston Martin masih merahasiakan label harga Vanquish ini. Kabarnya tak lebih dari 1.000 unit Vanquish yang bakal dibuat setiap tahunnya. Jadi, kita tunggu saja hingga resmi beredar unitnya akhir tahun ini.

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x