Bagaimana Nasib Daihatsu Gran Max di Masa Depan?

10 August 2023 | 11:12 am | Rizky Dermawan

Perhelatan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dihelat hari ini, (10/8) di ICE BSD, BSD City, Tangerang. Salah satu brand yang tidak absen memboyong mobil konsep ialah Daihatsu.

Cukup banyak mobil listrik dan hybrid terbaru yang bakal dipamerkan. Salah satu model yang bakal tampil adalah Daihatsu Vizion F, konsep blind van versi listrik yang menyerupai aura Daihatsu Gran Max atau Luxio.

Mobil ini nampaknya akan menjadi focal point penting di perhelatan GIIAS 2023. Meskipun tampil, namun belum ada kepastian apakah mobil van konsep ini akan dipasarkan secara massal.

Tulang punggung penjualan

Mungkin saat ini adalah kesempatan baru bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk melakukan riset mengenai Vizion F seandainya memang akan menjadi pengganti model Gran Max. Jajaran Gran Max dan Luxio kerap diakui menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia karena sangat mengerti kebutuhan pasar.

Para pengagum Gran Max tentu juga menunggu sejumlah kajian aspek baru yang sekiranya hadir dari konsep Vizion F ini. Mulai dari aspek teknologi, trend hingga segmen pasar dan juga hitung-hitungan harga jual.

Apa saja potensi dan kelebihan yang dimiliki Daihatsu Gran Max?

Kapasitas Muatan yang Besar: Gran Max dirancang khusus untuk angkutan komersial dan memiliki kapasitas muatan yang cukup besar untuk ukuran kendaraannya. Ini membuatnya cocok untuk usaha kecil atau bisnis yang memerlukan transportasi barang.

Baca juga :  Suzuki Jimny Horizon, Tanda Berakhir Peredaran Jimny di Jerman?

Kemampuan Manuver yang Baik: Ukuran yang kompak memungkinkan Gran Max untuk bergerak dengan baik di dalam perkotaan, dengan kemampuan bermanuver di jalan-jalan yang sempit.

Efisiensi Bahan Bakar: Mesin bensin dengan kapasitas kecil cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, yang bisa mengurangi biaya operasional.

Harga Terjangkau: Gran Max umumnya memiliki harga yang relatif terjangkau, menjadikannya pilihan yang baik bagi bisnis atau pengusaha dengan anggaran terbatas.

Perawatan Mudah: Komponen mekanis yang sederhana dan desain yang unggul dalam hal aksesibilitas membuat perawatan dan perbaikan lebih mudah dilakukan.

Fleksibilitas Konfigurasi: Tersedia dalam berbagai konfigurasi, seperti van dan pikap, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Merek Daihatsu: Sebagai bagian dari Toyota Group, Daihatsu dikenal akan kualitas dan andalitas produk-produknya.

Layanan Purna Jual: Pada umumnya, merek Daihatsu menawarkan jaringan layanan purna jual yang luas, yang dapat membantu pemilik kendaraan dalam hal perawatan dan perbaikan.

Nah, para konsumen setia mobil Daihatsu di Indonesia tentu berharap jika Vizion F bertenaga listrik ini bakal beredar di Tanah Air. Sebuah tantangan baru bagi PT ADM untuk mewujudkannya.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x