Battlax Hypersport S23 Diperkenalkan, Apa Bagusnya?

6 November 2023 | 6:09 pm | Rizky Dermawan

Para bikers Tanah Air tentu sudah sangat mengenal label Battlax bukan? Ya, ban sepeda motor spek jalan raya lansiran Bridgestone ini sangat populer dan banyak digunakan di Indonesia. Untuk tahun 2024, Bridgestone merilis ban jenis baru untuk sportbike dan naked bike, Battlax Hypersport S23.

Berdasarkan keterangan Bridgestone, Battlax Hypersport S23 (atau disebut Battlax S23) adalah hasil pengembangan tahap lanjut dari Battlax S22 yang sukses di pasar global.

Desain tapak dan juga racikan kompon pada Battlax S22 diramu ulang. Tujuannya untuk menghasilkan performa yang lebih baik saat menyentuh aspal jalan raya pada berbagai rentang kecepatan.

Sesuai labelnya, ini adalah ban kategori hypersport seperti S22. Tak sekadar bisa digunakan di jalan raya, tapi juga di sirkuit balap. Desain tapak bagian tengah dirancang agar ban tak kehilangan grip ke aspal saat melesat di kecepatan tinggi. Sedangkan bagian tepi dirancang supaya ban tetap menggigit dan memiliki traksi saat menikung.

Kompon Jenis Baru

Racikan resin S23 menggunakan konstruksi multi kompon jenis baru. Bagian samping ban depan serta tepi ban belakang dikatakan jauh lebih menggigit. Sementara itu, desain alur dan tapak ban belakang telah menggunakan jenis Pulse Groove atau alur bergelombang.

Tak hanya meningkatkan stabilitas berkendara serta daya traksi ban ke permukaan aspal yang kurang ideal. Battlax Hypersport S23 pun diklaim memiliki daya tahan dan usia pakai yang jauh lebih lama alias lebih awet. Ini dibuktikan melalui pengetesan di sirkuit Andalucia, Spanyol dengan BMW S1000RR.

Baca juga :  Baterai Aegis 'Short Blade' Diklaim Lebih Tangguh

Cornering speed diklaim meningkat sekira lima persen dibanding Battlax S22. Jarak pengereman pun berkurang hingga tiga persen berkat daya cengkeraman ban belakang yang jauh lebih baik dan minim gejala selip. Bahkan pada kondisi aspal basah.

Sayangnya, ban ini baru tersedia untuk velg 17-inci. Dapat dimaklumi, pasalnya velg 17-inci adalah ukuran universal yang paling banyak digunakan beragam jenis sportbike. Yang berbeda hanya off-set lebar velg saja.

Untuk ban belakang tersedia lima macam ukuran, yakni 160/60ZR17, 180/55ZR17, 190/50ZR17, 190/55ZR17, dan 200/55ZR17. Sementara ini untuk ban depan hanya tersedia ukuran 120/70ZR17. Bridgestone rencananya akan memasarkan Battlax Hypersport S23 secara global mulai Januari 2024 mendatang. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x