BMW Ungkap Kehadiran Mobil Hidrogen Mulai 2028

6 September 2024 | 9:43 am | Indra Alfarisy

BMW melangkah pasti menuju ranah produk otomotif dengan bahan bakar hidrogen. Seperti diketahui, pabrikan Jerman ini telah serius mengembangkan mobil berbahan bakar H2, dan itulah yang akan dijual nantinya.

Sepengamatan kami, merek ini memang yang paling serius mengembangkan teknologi bahan bakar hidrogen diantara pabrikan Eropa lainnya. Dan seperti yang pernah diberitakan kalau BMW membuat lima prototype BMW iX5 yang menggunakan fuel cell untuk bergerak. Mereka mengembangkannya bersama dengan Toyota, dan pengujiannya sudah berlangsung. Diklaim, SUV ini bisa berjalan hingga 500 km, dan hanya perlu tiga hingga lima menit untuk isi ulang hidrogennya.

Skema BMW mobil hidrogen

Sayangnya, mereka hanya memastikan bahwa mobil hidrogen ini akan jadi varian tambahan dari model yang sudah ada. Jadi, kemungkinan besar bukan model yang sama sekali baru. Detail lengkapnya belum diungkap.

Dikutip dari Reuters CEO BMW Oliver Zipse mengatakan dalam pernyataannya bahwa kendaraan tersebut akan, “Menyoroti bagaimana kemajuan teknologi membentuk mobilitas masa depan.”

Meski tidak mudah, tapi kerjasama BMW dengan Toyota yang sudah lebih dulu terjun ke pengembangan mobil hidrogen, akan menghemat biaya development dan riset. Baik untuk mobil penumpang ataupun komersial.

Kenapa Harus Hidrogen?

Seperti diketahui, prospek mobil listrik memang menjanjikan. Tapi belakangan pabrikan otomotif menyadari kalau EV ternyata tidak semenarik itu bagi konsumen di berbagai belahan dunia. Yang jelas, dunia menginginkan sarana transportasi dengan energi alternatif selain BBM.

Baca juga :  Toyota Bakal Produksi SUV Mewah Century Versi GRMN!

Dan inilah yang diantisipasi oleh BMW. Mereka mengembangkan berbagai kendaraan dengan beragam sumber energi gerak. Hidrogen salah satunya. Atau e-fuel yang sedang dikembangkan oleh Porsche.

Jadi, tergantung trend mana yang akan melejit di masa mendatang, mereka sudah siap.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x