Seperti biasa musim mudik dan lebaran, Toyota Astra Motor (TAM) ikut memeriahkan dengan Toyota Posko Siaga. Disebar di 15 titik pelayanan dengan lokasi yang strategis.
Selain itu, TAM juga mengaktifkan tidak kurang dari 300 bengkel siaga yang akan melayani pelanggan secara normal di hari libur Hari Raya Idul Fitri 2025 dan cuti bersama nasional.
Selain posko dan bengkel siaga, Toyota juga menyediakan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang berjaga 24 jam mulai 27 Maret hingga 8 April 2025. Ditambah lagi layanan serivs di tempat (mobile service).
Yang menarik adalah fasilitas yang disediakan di setiap posko. Pemilik Toyota bisa melakukan general check-up kendaraan secara gratis di 15 Toyota Posko Siaga yang beroperasi selama 24 jam antara 27 Maret – 6 April 2025. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Tire, Wiper Water Level, Brake System, Oil Condition, Accu, Exterior-interior Lamp dan Undercarriage.
Toyota juga memastikan, kalau sampai harus ganti suku cadang, harganya sama seperti di bengkel resmi biasa. Namun ada diskon jasa sebesar 25 persen. Tapi, kalau perbaikannya ternyata berat dan perlu waktu, mereka akan menyarankan supaya mobil di-towing ke bengkel resmi terdekat.
Posko Siaga ini juga memberikan fasilitas ruang istirahat ber-AC lengkap dengan snack dan minuman gratis, sambungan wifi, TV satellit serta kids dan game corner supaya tidak bosan.
Lalu, Toyota Posko Siaga Cikampek KM57, disediakan layanan penggantian ban mobil dan free glass cleaner. Selama persediaan masih ada. Di tempat ini juga pelanggan dapat melakukan berbagai kegiatan. Termasuk mengikuti sesi edukasi untuk safety driving selama bepergian jauh. Ada juga display Toyota Genuine Parts yang dan merchandise Toyota yang dapat dibeli oleh pelanggan.
“Toyota memahami bahwa tradisi mudik dan rekreasi di momen libur Hari Raya Idul Fitri merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
Ia menambahkan, “Hadirkan Total Ownership Experience, kami selalu berusaha memberikan solusi terbaik dan menyeluruh bagi pelanggan yang sedang melakukan aktivitas tersebut. Dengan mengoperasikan 15 Toyota Posko Siaga selama 24 jam penuh, dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka normal di hari libur dan cuti bersama Lebaran, bersama layanan darurat untuk semua jenis kendaraan penumpang Toyota termasuk elektrifikasi untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan sepanjang perjalanan,”
Bengkel Siaga & Dukungan Elektrifikasi
Seperti disebutkan tadi, ada 300 bengkel siaga yang diaktifkan oleh Toyota selama musim mudik 2025 ini. Bengkel-bengkel ini tersebar di seluruh Indonesia.
Untuk pengguna Toyota, dapat mengakses lokasi posko dan bengkel siaga ini melalui aplikasi mToyota atau website resmi Toyota Astra Motor, situs aftersales Toyota atau yang lebih mudah, bicara dengan chatbot Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA). Nomor Whatsapp-nya 0811-1500-315. Sementara layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dapat dihubungi di nomor telepon 1-500-898.
Di bagian elektrifikasi, Toyota telah membangun fasilitas charging spot di 113 dealer resmi yang diklaim akan terus bertambah seiring meningkatnya mobilitas BEV dan PHEV. Tiga di antaranya adalah Ultra Fast Charging (UFC).
Selain itu mereka menyiapkan lima UFC di ruang publik. Ada di Rest Area Toll KM 456A, KM 695A. Di kota, bisa ditemukan di Mall ASHTA SCBD Jakarta Selatan, Mall Gandaria City Jakarta Selatan, dan Mall of Indonesia Jakarta Utara.
Tidak hanya charging spot, Toyota juga menyediakan privilege parking spot yang dapat digunakan seluruh pengguna kendaraan xEV Toyota di Mall tersebut.
“Berikan Total Mobility Solution, Toyota berkomitmen untuk mendukung mobilitas pelanggan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan Toyota xEV Ecosystem yang makin lengkap dan luas secara berkelanjutan,” tegas Hiroyuki Oide, Marketing Director PT. TAM.