Ducati Upgrade Streetfighter V4 dan V4 S, Plus Siapkan Model V4 SP2

26 October 2022 | 12:29 pm | Rizky Dermawan

Pergantian tahun masih beberapa bulan lagi, namun Ducati telah menyiapkan kado tahun baru untuk para Ducatista. Engineer di Borgo Panigale mengimbuhkan sejumlah update pada Ducati Streetfighter V4 dan V4 S untuk 2023.

Tak hanya itu, kini hadir pula varian pelumat aspal sirkuit, Ducati V4 SP2. Sistem manajemen mesin Power Mode pada varian V4 dan V4 S dikalibrasi ulang dan dilengkapi dengan mode setup mesin Low, Medium, High, dan Full. Mesin Desmosedici Stradale diklaim makin brutal.  

Dengan knalpot baru berstandar emisi EURO 5, mesin 1.103 cc kini menghasilkan output daya 208 HP dan torsi 123 Nm. Jika masih belum puas, tersedia opsi knalpot balap Akrapovič yang akan mendongkrak tenaga menjadi 220 hp. Pelindung bak kopling baru, diadopsi langsung dari Panigale. Untuk varian V4 SP2, kopling kering STM-EVO SBK dengan cover berventilasi hanya digunakan kala melaju di sirkuit balap.

Pada mode Low, output daya dibatasi hanya 165 hp untuk pengendaraan di permukaan aspal yang minim grip atau trek basah. Inilah yang menjadi penunjang mode berkendara yang tadinya bernama Wet mode. Pada mode Full, seluruh belenggu elektronik dilepas untuk mencapai performa maksimum. Pembatasan hanya pada gigi 1.

Sebagai tambahan, software Engine Brake Control EVO 2 kini dibekalkan pada V4. Sistem pengoper gigi cepat Ducati Quick Shift pun mengalami revisi, khususnya sinkronisasi terhadap kinerja sistem injeksi dan respon throttle.

Baca juga :  Magma, Merek Baru Pesaing AMG Dan BMW M Dari Korea Selatan

Revisi juga meliputi area dashboard berlayar TFT 5-inci yang kini dilengkapi lampu indikator perpindahan gigi. Tampilan mode Track Evo pada varian SP2 terinspirasi dari Ducati spek MotoGP.

Posisi kaki dan tangan saat riding kini lebih nyaman dengan tangki BBM Panigale berkapasitas 17 liter yang ergonomis. Posisi ketinggian jok untuk seluruh varian Streetfighter sama yakni 845 mm. Untuk varian SP2, motor ini hanya dibekali jok egois alias tanpa jok belakang. SP2 juga tak dilengkapi spion dan dudukan plat nomor.

Sistem suspensi juga terkena revisi. Streetfighter V4 dibekali garpu depan Showa BPF fully-adjustable 43 mm dengan suspensi belakang dan steering damper adjustable Sachs. Varian S dan SP2 dibekali sistem setting suspensi elektronik Öhlins Smart EC 2.0. Terkoneksi dengan garpu adjustable 43 mm Öhlins NIX 30 dan suspensi belakang Öhlins TTX36. Steering damper lansiran Öhlins juga bisa diatur via sistem setting elektronik Smart EC 2.0.

Setup velg dan ban pun mengalami ubahan. Velg 5-spokes light alloy menjadi kelengkapan standar V4, dan V4 S kini diupgrade menggunakan velg 3-spoke forged aluminium Marchesini. V4 SP 2 dibekali velg 5-split spoke serat karbon. Kombinasi velg depan 3.50 x 17-inci + ban Pirelli Diablo Rosso IV Corsa 120/70 ZR17 dan velg belakang 6.00 x 17-inci + ban Pirelli Diablo Rosso IV Corsa 200/60 ZR17 berlaku untuk semua varian V4, V4 S dan SP2.

Baca juga :  ExxonMobil Kembali Gelar Program Mudik Nyaman Mekanik 2024

Sementara, sistem pengereman Brembo Stylema M4.30 menjadi fitur standar pada V4. Sedangkan V4 S dan SP2 dibekali rem Brembo Stylema R. Seluruh varian ini juga dibekali fitur Cornering ABS EVO lansiran Bosch.

Streetfighter V4 dikemas dengan warna Ducati Red, dan tersedia warna opsional Grey Nero untuk V4 S. Sementara untuk V4 SP2 hanya tersedia dalam livery Winter Test, dengan aksen warna merah pada body serta tangki bernuansa brushed aluminium.

Untuk label harga, 2023 Ducati Streetfighter V4 dijual mulai dari $34.900, lalu meningkat ke $39.300 untuk V4 S. Sedangkan V4 SP2 dibanderol mulai dari $50.600.

Hmm… para Ducatista dan Desmo Owner di Indonesia pasti tidak sabar menanti versi terbaru Streetfighter ini. Sabar, Streetfighter V4 dan V4 S akan tersedia di dealer Ducati global paling cepat mulai Januari 2023 yang akan disusul oleh varian V4 SP2 dalam beberapa bulan kemudian.

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x