Empat Dekade Buat Mobil di Amerika Serikat, Honda Lahirkan 30 Juta Kendaraan

25 January 2023 | 6:00 am | Rizky Dermawan

Amerika Serikat mungkin memiliki cukup banyak pabrikan otomotif berskala besar. Namun tak banyak brand otomotif pendatang yang berproduksi di AS dan mampu bertahan hingga lebih dari 4 dekade. Salah satunya adalah American Honda Motor Co., Inc. Perpanjangan tangan Honda Motor Company. 

Cabang pertama perakitan Honda di luar Jepang ini sebenarnya telah beroperasi di Amerika Serikat sejak 1959 silam. Namun perakitan perdana mobil Honda di Amerika Serikat baru dimulai pada 1 November 1982.

Mobil produksi pertama saat itu adalah sedan Accord dan menjadikan Honda sebagai pabrikan otomotif Jepang pertama yang bersaing di segmen mobil mewah di AS.

Selama lebih dari 40 tahun beroperasi, pabrik manufaktur Marysville Auto Plant di Ohio, AS telah memproduksi 30 juta unit mobil Honda. Unit ke-30 juta yang meluncur dari jalur produksi pada 19 Januari 2023 tentunya memiliki arti yang sangat istimewa bagi Honda.

Saat ini Honda memiliki 5 pabrik perakitan kendaraan yang tersebar di Negara Bagian Alabama, Ohio dan Indiana. Belum termasuk fasilitas manufaktur mesin, transmisi dan motor penggerak sistem hybrid yang berlokasi di Ohio, Georgia dan Alabama.

Seluruh aset fasilitas produksi yang dibangun oleh Honda di Amerika Serikat selama 4 dasawarsa telah menelan dana investasi sebesar $16 miliar atau setara Rp 241,6 trilyun. Dari 8 lokasi fasilitas manufaktur yang dioperasikan oleh hampir 17.000 pekerja, Honda dan Acura mampu memproduksi hingga 1,3 juta unit kendaraan per tahun.

Baca juga :  Vladimir Putin Dihadiahkan Limosin Aurus Senat Versi Terbaru

“Perayaan pencapaian unit mobil ke 30 juta merupakan rekam jejak perjalanan sejarah Honda yang telah memproduksi mobil di Amerika Serikat selama 40 tahun. Apa yang telah kami capai hingga saat ini merupakan bagian dari komitmen Honda untuk dapat terus memberikan produk berkualitas terbaik kepada para konsumen,” sambut Bob Schwyn, Honda Development & Manufacturing of America Senior Vice President.

Elektrifikasi Jadi Era Baru Masa Depan Honda Di AS

Boomingnya mobil listrik di Amerika Serikat menjadi babak baru bagi Honda. Sejumlah rencana investasi manufaktur mobil listrik dan hybrid di Amerika Serikat telah dicanangkan.

Salah satu proyek investasi di bidang elektrifikasi otomotif di AS yakni ‘EV Hub’ di Ohio. Dengan dana investasi sebesar $700 juta atau setara Rp 10,5 trilyun, Honda merevitalisi dan merekstrukturisasi jalur produksi kendaraan dan mesin agar dapat segera memproduksi mobil listrik.

Honda pun menggandeng LG Energy Solutions sebagai mitra dengan dana investasi patungan sebesar $3,5 miliar atau sekira Rp 52,8 trilyun untuk membangun pabrik baterai di Ohio

Tak hanya mobil listrik, mobil berteknologi sel bahan bakar pun tak luput dari perhatian. Mobil berteknologi sel bahan bakar yang saat ini tengah dikembangkan oleh Honda menurut rencana akan diproduksi di Performance Manufacturing Center yang juga berlokasi di Ohio.

Mobil berbahan bakar hidrogen yang berbasis dari model CR-V diperkirakan paling cepat akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga :  IIMS Surabaya 2024 Catat Penjualan Lebih Dari 1.000 Kendaraan

Pada tahun 2040 mendatang Honda Motor Company menargetkan akan sepenuhnya hanya memproduksi serta memasarkan mobil listrik (BEV) dan sel bahan bakar (FCEV) di kawasan Amerika Utara.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x