EQS Selesai, Halo Mercedes-Benz S-Class EV!

31 August 2024 | 10:42 am | Indra Alfarisy

Mercedes-Benz S-Class generasi mendatang akan hadir dalam format penggerak mesin konvensional dan full EV. Ini artinya, pabrikan Jerman tersebut tidak akan mengeluarkan EQS baru.

EQS, seperti diketahui, merupakan model tertinggi di jajaran mobil listrik buatan mereka. Namun seperti dikutip dari Autocar Inggris, Mercedes-Benz memutuskan untuk menggabungkan EQS ke keluarga S-Class. Ini merupakan pembalikan keputusan yang sebelumnya mengatakan S-Class akan digantikan oleh EQS gen.2 di akhir dekade ini.

Mercedes-Benz EQS Gen 1

Hal tersebut juga diamini oleh Ola Kallenius, CEO Mercedes-Benz yang mengatakan, “Akan ada dua varian S-Class, yaitu ICE dan elektrik.” Ola juga menyebutkan, keduanya akan punya bentuk eksterior dan interior yang serupa.

Soal kesamaan bentuk versi ICE dan EV ini bukan hal baru. Kalau Anda ingat, hal serupa dilakukan Mercedes-Benz untuk G-Class konvensional dan listrik.

Pakai Platform Mana?

Mercedes-Benz S-Class terbaru.

Nah, dari sisi desain boleh saja sama. Tapi hampir bisa dipastikan kalau platform yang dipakai akan berbeda. Laporannya agak simpang siur soal platform. Satu-satunya basis untuk mobil listrik besar, MB.EA Large yang disiapkan, sudah diputus tidak akan diteruskan pengembangannya. Platform ini yang tadinya dipoles untuk EQS generasi berikut.

Platform MB.EA ini tadinya ada dua, satu Large untuk mobil-mobil mewah, satunya lagi adalah MB.EA Medium yang jadi basis EQE. Tapi belakangan beredar kabar, karena Medium sepertinya kurang cocok, Mercedes-Benz dikabarkan mendorong pengembangan platform EVA2, yang digunakan oleh EQS dan EQE saat ini.

Baca juga :  Neta X Diklaim Perkuat Posisi Neta di Pasar Global

Salah satu yang diterapkan adalah arsitektur kelistrikan 800V, menggantikan 400V yang ada.

Nah, apapun keputusannya, diperkirakan, generasi kedelapan Mercedes-Benz S-Class akan hadir mulai 2030 mendatang.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x