Fakta Menarik Zeekr X, Crossover Yang Bakal Masuk Indonesia

6 June 2024 | 11:41 am | Indra Alfarisy

Zeekr resmi akan masuk ke Indonesia, seperti yang mereka sampaikan kemarin (05/06) di Jakarta. Pabrikan mobil mewah RRC ini bergandengan dengan PT Premium Auto Prima sebagai APM, sekaligus mengumumkan Zeekr X dan 009 akan jadi andalan mereka mempenetrasi pasar tanah air.

X adalah SUV yang diperkenalkan pertama pada tahun April 2023 lalu. Dibangun di atas platform Sustainable Experience Architecture 2 (SEA 2). Desainnya dibuat oleh tim yang dipimpin Stefan Sielaff, kepala desain Zeekr yang juga mantan desainer Audi.

Zeekr X pertama kali diperkenalkan pada April 2023

Yang menarik, pengguna platform SEA 2 bukan cuma Zeekr X, tapi juga Volvo EX30. Ini dimungkinkan karena Volvo dan Zeekr dimiliki oleh Grup Geely Automotive yang bermarkas di Hangzhou, Cina.

Di pasar Tiongkok, Zeekr X dipasarkan dalam tiga varian, dengan opsi penggerak roda belakang (single motor, RWD) atau AWD dengan dua motor listrik.

Baterainya berkapasitas 66 kWh yang dibuat oleh CATL dan Geely. Kapasitas tersebut menghasilkan jarak tempuh antara 512-560 km, tergantung variannya.

Tingkatan varian, salah satunya dibedakan oleh output motor listrik. Paling bawah dengan penggerak roda belakang (RWD) menghasilkan 268 hp. Di atasnya, ada Zeekr X bertenaga 422 hp dan 469 hp. Keduanya berpenggerak AWD.

Akselerasi 0-100 km/jam diselesaikan dalam 3,8 detik untuk versi AWD (klaim). Sedangkan Zeekr X RWD perlu 5,6 detik. Angka yang menarik.

Baca juga :  Kawasaki W175L Sudah Siap Digas Oleh Publik

Dimensi Masuk Akal

Soal desain, kami serahkan pada selera masing-masing. Secara dimensi, Zeekr X sepertinya akan masuk akal untuk penggunaan harian di kota maupun pelesiran. Panjang mobil ini 4.432 mm, lebar 1.836 mm dan tingginya 1.566 mm. Wheelbase sepanjang 2.750 mm menjanjikan interior yang cukup untuk lima kursi.

Dashboard minimalis di interior Zeekr X

Di kabin, layaknya mobil modern belakangan ini, terlihat minimalis. Zeekr menyebut ruang interior dengan sebutan Intelligent Cockpit. BUkan tanpa alasan. Pertama, ada prosesor Qualcomm Snapdragon 8155 untuk memperlancar segala hal yang berhubungan dengan pengoperasian sistem infotainment dan fitur.

Kedua, ada heads up display masif berukuran 24 inci, yang dipantulkan ke kaca depan. Kami yakin ini sangat berguna, hanya belum tahu dengan ukuran itu akan seperti apa tampilannya.

Tidak lupa, audionya dibuat oleh Yamaha dengan sistem surround bermodalkan 13 speaker. Tersebar dari dashboard hingga ke ruang bagasi.

Bicara bagasi, kapasitasnya antara 362 hingga 1.182 liter. Tergantung apakah kursi belakang difungsikan atau tidak.

Menarik? Secara kemampuan di atas kertas terlihat menjanjikan. Tapi bagaimanapun, harus dirasakan betul supaya meyakinkan. Tunggu saja.

Intuk informasi, menurut sumber kami Premium Auto akan mulai melakukan uji tipe di Indonesia bulan ini. Jadi, siap-siap, akan ada banyak spyshot-nya.  

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x