Truk Hino Dipastikan Ikut Rally Dakar 2025

10 August 2024 | 10:45 am | Indra Alfarisy

Rally Dakar bisa dipastikan sebagai salah satu lomba adu cepat yang palling menantang di dunia. Puluhan ribu kilometer medan berat harus dilewati sebelum menyentuh garis finish. Salah satu peserta yang konsisten selalu hadir adalah pabrikan truk Hino.

Partisipasi Hino dalam Rally Dakar ini tentunya punya tujuan. Mereka berniat untuk menunjukan ketangguhan truk yang dipakai dalam hal kualitas, daya tahan dan kehandalan. Tiga kunci utama dalam sebuah produk mobil komersial.

Dakar tahun 2025 mendatang dilangsungkan 3 sampai 17 Januari di Arab Saudi. Team Hino Sugawara akan kembali berpartisipasi  menggunakan basis truk Hino 600 seperti Dakar 2024 lalu. Tentunya dibekali dengan berbagai peningkatan.

Hino Team Sugawara di Dakar 2024.

Dikutip dari rilis resmi Hino Jepang, perubahannya mulai dari berbagai jalur pipa di mesin, chassis dan komponen yang lebih rigid, hingga yang tidak terlihat seperti plat kopling transmisi otomatis yang lebih kuat.

Di luar hal teknis, skema perawatan preventif juga diperhatikan lebih teliti. “Kami telah menetapkan siklus penggantian untuk transfer case, suspensi, dan komponen lain berdasarkan situasi. Kami juga akan merombak sistem maintenance, agar tugas perawatan yang memakan waktu panjang, tidak saling tumpang tindih,” begitu bunyi pernyataan Hino.

Team Hino Sugawara juga sudah melakukan seleksi untuk mekanik lapangan yang akan ikut. Yang menarik, para tenaga ahli tersebut diambil dari dealer Hino Jepang. Bukan penunjukan dari kantor pusat Hino. Meski demikian, ada beberapa teknisi dari Hino langsung, yang ikut membangun truk balap ini, sebelum berlaga.

Baca juga :  All New Nissan Patrol Debut Global, Bawa Mesin V6 Turbo 425 HP

Pada event Dakar 2024, tim ini sukses meraih finish sepuluh besar, melawan truk-truk Eropa yang memang selalu meraja. Ini adalah prestasi terbaik mereka sejak 2019 lalu, yang finish di urutan kesembilan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x