Porsche 911 Dakar Lahir Kembali, Siap Hadang Lamborghini Huracan Sterrato

16 November 2022 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

Dalam beberapa hari ke depan, beragam model mobil terbaru akan melakukan world premiere dalam event Los Angeles Auto Show 2022 yang akan dimulai pada 16 November mendatang. Salah satu mobil yang saat ini tengah menjadi sorotan dan dinantikan kemunculannya adalah sebuah sport coupe nine-eleven versi off-road (ya… Anda tak salah baca), Porsche 911 Dakar.

Sekian dekade silam, Porsche memiliki 911 SC/RS 4×4 (953) berkemampuan lintas medan yang dipiloti duet pereli René Metge dan Dominique Lemoyne. Keduanya pun berhasil menjuarai Rally Paris-Dakar 1984.

Nostalgia kejayaan 911 di salah satu event rally paling ganas di dunia pada 38 tahun silam tersebut membuat Porsche tertantang untuk kembali mereinkarnasinya dalam versi yang lebih modern.

Dua buah coupe 911 Carrera 4S (type 992) berpenggerak all-wheel-drive bertenaga 443 hp pun dimodifikasi sedemikian rupa dengan tampilan, konstruksi chassis serta suspensi khusus untuk medan off-road. Transmisi manual 7-speed bawaan Carrera 4S tetap dipertahankan.

Lokasi medan off-road yang dipilih pun tak main-main, gunung vulkanik aktif tertinggi di muka bumi, Ojos del Salado di Chile. Area ini dipilih karena memiliki beragam variasi kondisi trek off-road yang cocok untuk pengujian mulai dari gurun pasir, gravel, hingga jalan bersalju.

Kedua 911 yang tampilannya berbeda dari yang biasa anda lihat di parkiran valet mall atau perkantoran megah tersebut salah satunya dikendarai oleh pembalap ketahanan Romain Dumas.

Baca juga :  MMC Mulai Ekspor Mitsubishi XForce Buatan Indonesia

Dari ibukota Chile di Santiago, kedua prototype 911 menyusuri rute jalan semi off-road sepanjang ratusan kilometer menuju camp aklimatisasi di Refugio Universidad de Atacama/Jorge Rojas yang berada di ketinggian 5.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengujian prototipe Porsche 911 Dakar dilakukan di Chile

Trek gravel dan lereng berbatu terjal serta hamparan jalan berpasir tanpa terasa terus menanjak hingga ketinggian 6.500 mdpl mendekati puncak tertinggi di Pegunungan Andes tersebut. Tak hanya dihadang oleh terpaan angin gunung yang cukup kencang, suhu udara yang mencapai -30° C plus kadar oksigen yang tipis pun menjadi tantangan tersendiri pada pengujian kedua prototipe 911 Dakar tersebut.

Pengujian prototipe 911 Dakar di Chile tersebut merupakan bagian dari serangkaian pengujian yang melampaui jarak 500.000 km. Bahkan untuk menguji kekuatan chassis di trek off-road, prototipe 911 Dakar disiksa habis-habisan hingga 10.000 km di trek gravel dan lereng terjal yang berlokasi di wilayah selatan Perancis.

Pihak pabrikan saat ini masih belum mengumbar spek detil mobil tersebut. Kita tunggu hingga tabir selubung dari calon penghadang Lamborghini Huracan Sterrato ini dibuka secara resmi di Los Angeles Auto Show pada 16 November mendatang. Ahaa… Anda penasaran bukan…

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x