Honda CR-V Hybrid Sedikit Lagi Mengaspal di Indonesia

21 March 2023 | 8:45 pm | Aldi Prihaditama

Hanya hitungan bulan menuju pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini, dugaan bahwa Honda bakal memperkenalkan CR-V versi hybrid di Indonesia pun sepertinya mendekati kenyataan. Sebab ada dua model baru untuk tahun 2023, yang terlihat pada tabel Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor milik SAMSAT Polda Metro Jaya.

Honda CR-V hybrid pertama kali diperkenalkan beberapa tahun silam, namun belum pernah dibawa ke pasar Indonesia. Tentu bagi penggemar Honda, khususnya CR-V, pasti bakal tertarik dengan model ini. Memang belum ada kabar resmi dari Honda Indonesia mengenai tanggal dirilisnya mobil ini. Namun sejak tahun lalu, rumor kehadiran Honda CR-V untuk pasar lokal sudah berhembus di sejumlah kalangan.

Debut ASEAN di Thailand

Honda CR-V generasi keenam ini memulai debut pertamanya di Asia Tenggara, tepatnya di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023. Sebagai informasi, BIMS 2023 diselenggarakan pada 22 Maret hingga 2 April 2023. Besar kemungkinan bahwa Honda CR-V hybrid untuk pasar Indonesia pun memiliki spesifikasi yang serupa dengan versi pasar Thailand.

CR-V generasi keenam ini ukuran dimensi yang agak bertambah dari generasi kelima. Sebab memiliki panjang 4.694 mm, lebar 1.864 mm dan wheelbase 2.700 mm. Hanya ketinggian bodi yang sedikit berkurang, menjadi 1.681 mm. Untuk CR-V generasi keenam yang non-hybrid, kemungkinan masih menggunakan konfigurasi tempat duduk 5+2.

Baca juga :  Pertamina Nyatakan Siap Hadapi Puncak Lebaran 2024

Banderol Rp 700 jutaan hingga Rp 800 jutaan

Sedangkan untuk yang versi Hybrid, dugaan kami tetap berkonfigurasi 5 tempat duduk, mengingat akan ada penempatan baterai di bagian lantai bagasi. Untuk varian mesinnya, tersedia dengan dua pilihan. Pertama adalah mesin VTEC Turbo 1.5 liter bertenaga 187 hp dan torsi 243 Nm. Sedangkan yang kedua adalah mesin 2.0-liter e:HEV hybrid dengan motor listrik yang menghasilkan output gabungan sebesar 201 hp dan torsi 335 Nm.

Urusan fitur, Honda CR-V baik versi mesin bensin dan yang versi hybrid, tentu akan dibekali dengan teknologi Honda Sensing. Sedangkan untuk fitur kemewahan seperti panoramic sunroof berukuran besar sepertinya hanya bakal ada di varian teratas, alias yang hybrid saja. Mengenai harganya, anggap saja tidak akan terlalu jauh dari harga sekarang. Namun untuk CR-V versi hybrid kemungkinan bakal bertengger di rentang Rp 700 jutaan hingga Rp 800 jutaan.

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x