Hyundai Sonata 2024 Ada Versi AWD

4 September 2023 | 12:55 pm | Rizky Dermawan

Hyundai Sonata 2024 mengalami sedikit polesan penyegaran. Mobil ini tak hanya laris manis di negara asalnya yakni Korea Selatan, tapi juga di Amerika Serikat.

Penyegaran yang dilakukan dikatakan oleh pihak pabrikan tak sebatas pada kemasan tampilan. Namun juga meliputi berbagai aspek lainnya, termasuk sistem penggeraknya. 

Revisi Desain Eksterior

Ubahan pada tampikan eksterior tidaklah terlampau banyak. Pada hidung terpasang lampu DRL LED model segaris. Sedangkan headlamp kini menyatu dan terbenam pada frame yang mengapit grille model baru dengan  ukuran lebih besar.

Aksen chrome pada wajah Sonata nampak dikurangi porsinya. Aksen panel garnish pada pilar-A nampak sedikit berubah, namun tak terlalu kentara.

Ubahan tampilan belakang justru porsinya paling banyak. Tak hanya tarikan garis desain bagian buritan saja yang kini kian ramping. Desain lampu belakang pun kini berubah menjadi model segaris yang diimbuhi lis warna hitam. Aksen dan detail pada bumper belakang pun tak luput dari perubahan.

Khusus untuk varian Sonata N-Line, kini tampil dengan grille dan bumper belakang yang lebih garang.

Interior Ala Ioniq

Pada area interior, ubahan tampilan terlihat jelas pada desain dashboard. Sepasang layar digital 12.3-inci terlihat seolah menyatu dalam satu frame lengkung. Layar penampil instrumen berkendara dan fitur multimedia infotainment ini posisinya berada di atas dashboard.

Baca juga :  Efek Skandal Uji Tabrak, Toyota Dan Mazda Stop Pengiriman Mobil

Sedangkan lubang ventilasi AC kini melebar di sepanjang dashboard, bukan hanya pada bagian tengah dan tepi saja. Kolom tuas transmisi model baru yang disematkan pada Sonata diadopsi dari desain Hyundai Ioniq.

Setir palang tiga model baru yang terpasang diimbuhi logo pixel seperti pada Hyundai Ioniq. Khusus untuk varian hybrid, pada setir terdapat tuas pengatur intensitas daya pengereman regeneratif.

Update Fitur Interior

Fitur pemanja para pengguna ponsel tentu saja tak dilupakan oleh Hyundai.  Koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto tersedia pada seluruh varian Sonata. Bahkan update aplikasi ponsel maupun software multimedia dapat dilakukan secara langsung via transmisi data over-the-air (OTA).

Sejumlah fitur opsional yang ditawarkan pada Hyundai Sonata 2024 antara lain proyektor head-up display dengan ukuran tampilan 12-inci dan sistem audio premium lansiran Bose yang dilengkapi 12-speaker.

Digital Key 2 yang memfungsikan ponsel sebagai kunci akses termasuk untuk buka-tutup pintu bagasi secara otomatis menjadi fitur opsional yang cukup menarik.

Penggerak AWD

Ada sedikit perubahan pada daftar pilihan mesin yang ditawarkan pada Sonata untuk model tahun 2024.

Sonata kini tak lagi tersedia dalam varian bermesin bensin 4-silinder 1.6-liter turbocharged. Alasannya lantaran output performa hanya beda tipis dengan mesin varian 2.5-liter non turbo. Cukup masuk akal.

Kabar gembira dan memang sudah ditunggu oleh para pecinta Hyundai yakni Sonata kini tersedia dalam varian all-wheel drive (AWD).

Baca juga :  Toyota Crown Signia 2025: Ini Adalah Crown Era Baru

Rekan satu grup dari Hyundai yakni Kia justru telah mendahului langkah Hyundai. Kia telah lebih dulu membekalkan opsi penggerak AWD pada mid-size sedan K5 untuk model tahun 2024.

Opsi penggerak AWD hanya tersedia pada varian bermesin 2.5-liter non-turbo. Untuk varian hybrid bermesin 4-silinder 2.0-liter serta varian paling bertenaga yakni N-Line yang dibekali mesin 2.5-liter turbo tetap tersedia.

Opsi transmisi pun tak ada perubahan. Masih dengan transmisi automatic 8-speed SHIFTRONIC untuk seluruh varian.

Label harga resminya saat ini belum diumumkan. Namun diperkirakan tak akan jauh dari harga Sonata yang saat ini tengah dipasarkan. Kurang lebih di kisaran $26.500 – $28.000 atau sekitar Rp 403,5 – Rp 426 jutaan. Sonata 2024 akan resmi beredar di akhir tahun.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x