Inikah Calon Pengganti Pickup D-Cab Nissan Navara?

19 September 2024 | 1:09 pm | Rizky Dermawan

Sejumlah foto mobil pickup double cabin ukuran sedang resmi diunggah oleh pabrikan Nissan di Negeri Tiongkok. Pickup yang sedianya bakal diberi label Yuanye Z9 ini adalah hasil kolaborasi Dongfeng dengan Nissan. Dikatakan sebagai generasi terbaru pickup d-cab Nissan Navara.

Hanya saja masih belum jelas apakah Yuanye Z9 ini adalah model spesifik khusus untuk pasar domestik RRC. Atau ini adalah versi baru dari Navara yang berbasis platform Mitsubishi Triton untuk pasar global.

Di luar soal lokasi pemasaran, Navara yang sekarang dijual memang mendesak untuk peremajaan, karena sudah berdar sejak 2014.  Bahkan mobil ini sudah hilang di situs resmi Nissan Indonesia. 

 

Bodi Bongsor

Sebagian data teknis pickup Yuanye Z9 sudah diunggah di situs resmi Kementerian Industri dan Teknologi Informasi RRC. Cukup membantu untuk bahan analisa.

Dimensinya (P×L×T) 5.520 mm × 1.960 mm × 1.950 mm Jarak wheelbase pun lumayan lebar yakni 3.300 mm

Lebih bongsor dari pickup Navarra SL Dual Cab spek- Australia, yang panjangnya 5.260 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.810 mm.

Bodi pickup Yuanye Z9 pun 200 mm lebih panjang dari Mitsubishi Triton. Demikian pula jarak antar sumbu rodanya, selisih 170 mm lebih lebar.

Dari ukurannya muncul prediksi jika pickup Yuanye Z9 kemungkinan menggunakan basis platform ladder frame generasi baru. Jauh berbeda dari platform sasis dan bodi yang saat ini digunakan oleh pickup Nissan Navarra maupun basis platform Mitsubishi Triton versi terbaru.

Baca juga :  Toyota Fortuner GR-Sport Sepertinya Patut Dipilih

Bentuknya, seperti yang bisa Anda lihat, sama sekali tidak Navara. Bahkan bahasa desain Nissan pun tidak terlihat. Contohnya, tidak ada grill V Motion. 

Mesin Bensin, Diesel Atau Hybrid?

Yang bikin penasaran adalah isi di balik bonnetnya. Menurut keterangan resmi, ada beberapa opsi mesin yang bakal ditawarkan pickup d-cab ini.

Opsi mesin bensin 4-silinder 2.0-liter tersedia versi bertenaga 244 hp dan 255 hp. Top speednya digadang mampu mencapai 160 km/jam. Untuk penyuka aroma solar tersedia versi bermesin diesel 3.0-liter dengan output tenaga 188 hp. Jangan lihat tenaganya yang lebih kecil, top speednya sedikit lebih kencang yakni 170 km/jam.

Hanya saja tak disebutkan berapa besaran torsi maksimum masing-masing opsi mesin tersebut. Selain itu, data teknis lainnya seperti daya angkut maksimum dan kemampuan tarik dari pickup Yuanye Z9 belum diungkap. Apakah bakal tersedia opsi mesin plug-in hybrid juga?

Entah kapan pickup Yuanye Z9 (atau Navarra) terbaru ini bakal mulai diproduksi dan dipasarkan. Makin bikin penasaran…

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x