Kelahiran BMW M5 Touring Sedang Disiapkan, Hadir 2024

27 June 2023 | 11:01 am | Indra Alfarisy

Menjelang semesster kedua setiap tahun memang waktu sibuk para produsen mobil. Salah satunya adalah BMW yang mengeluarkan teaser BMW M5 Touring. Ini mobil yang istimewa bagi para penyuka BMW. Dan jadi produk M5 Touring ketiga yang pernah ada.

Kurang lebih 15 tahun lalu, BMW terakhir mengeluarkan Ser-5 station wagon yang kencang (keluarga BMW E61). Saat itu, kami langsung jatuh cinta dengan bentuk dan kemampuannya, luar dalam. Sekarang, format mobil keluarga kencang ini mulai diperlihatkan.

BMW keluarkan teaser M5 touring.

Dipastikan, M5 akan hadir dalam bentuk wagon dan sedan. Tidak terlalu mengejutkan sebetulnya. Generasi terbaru Seri-5, termasuk versi EV, BMW i5 sudah resmi dipertontonkan. Dari situ, kami sudah bisa menebak seperti apa kemampuan M5 generasi terbaru ini.

 

Pertama, platform pasti baru. Seperti diketahui, BMW M5 sebelum ini dibekali basis lawas yang memang sudah waktunya diganti. Kedua, desain. Dari beberapa spyshot versi sedan, terlihat grill depan yang ‘kembali ke fitrahnya’. Berukuran lebih wajar dan sejajar lampu depan.

 

Bemper depan dibekali intake kotak, dengan bingkai di sekelilingnya berbentuk trapezoid. Di pojokan bemper juga terdapat lubang hawa untuk mengalirkan udara demi mendinginkan rem. Dari samping, versi sedan masih terlihat punya moncong panjang dengan kabin yang ditarik kebelakang. Akibatnya bagasi terlihat pendek.

Baca juga :  Toyota GR86 Hakone Special Edition, Bakal Jadi Incaran Baru

Untuk M5 Touring, tentunya tidak ada buntut sedan. Melihat foto teaser yang kami terima dari BMW, bagian belakangnya terlihat mengotak. Meski tertutup samaran, tapi sepertinya penutup bagasi ini akan memiliki garis desain yang tegas.

M5 Elektrifikasi

BMW belum menegaskan seperti apa mesinnya. Tapi melihat versi wagon, ada empat lubang knalpot di belakang. Meski ini bukan patokan, tapi kami merasa akan ada mesin V8 baru di mobil ini. Kenapa?

 

Kalau Anda perhatikan di mobil uji M5 sedan, ada tulisan Electrified Vehicle. Ini karena M5 akan mengusung teknologi hybrid. Menurut beberapa sumber, sistem penggerak tersebut akan diambil dari BMW XM.

 

Tepatnya V8 4,4 liter turbo bertenaga 482 hp. Dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 194 hp. Pada XM, output maksimal (kombinasi) adalah 644 hp dengan torsi 800 Nm. Entah kalau BMW berniat memasang mesin XM Label Red yang berkekuatan 748 hp. Transmisinya otomatis 8-speed, kalau memang tidak diganti. Plus sistem penyaluran daya xDrive (all wheel drive).

BMW M5 Touring dan Sedan terbaru akan meluncur awal 2024. Kami akan update lagi kalau ada hal baru. 

Foto M5 Sedan: AutoExpress

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Candra
1 year ago

Yg wagon kalo ada versi CSnya bakalan keren tuh

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x