KTM Bakal Luncurkan Model Baru Bertransmisi AMT

16 October 2024 | 5:50 pm | Rizky Dermawan

Teknologi transmisi manual rasa matic saat ini mulai gencar dikembangkan sejumlah pabrikan sepeda motor. Tak hanya BMW Motorrad, Honda dan Yamaha saja, kini KTM juga mengembangkan teknologi transmisi serupa yang dilabeli KTM AMT (Automated Manual Transmission)

Transmisi AMT ini tak sekadar punya fitur quickshifter atau pemindah gigi cepat yang mem-by-pass kinerja plat kopling. Tapi para rider tak perlu lagi meremas tuas kopling setiap kali harus oper gigi transmisi.

Hanya saja pihak pabrikan masih belum mengulas sepenuhnya perihal teknis dari inovasi teknologi terbaru tersebut. Masih seputar prinsip kerja dasarnya saja.

Transmisi KTM AMT saat ini telah dipasang pada sebuah sepeda motor prototype KTM Super Adventure. yang sudah masuk sesi uji tahap akhir.

Model Super Adventure Baru

Kinerja perpindahan gigi transmisi pada mode automatic dan semi-automatic memanfaatkan aktuator elektromekanis yang akan memutar blok gigi transmisi.

Pada setting full automatic, rider tak perlu meremas tuas kopling dan menginjak pedal untuk oper gigi. Pada opsi semi-automatic, oper gigi dilakukan melalui tombol yang ada pada setang kiri.

Kopling sentrifugal akan menggerakkan aktuator untuk memindah gigi transmisi sesuai batasan kecepatan dan putaran mesin yang telah diatur.

Sistem transmisi AMT terintegrasi dengan ECU, dan Transmission Control Unit (TCU), serta tombol quickshifter. Tak jauh beda dari sistem sejenis seperti Y-AMT Yamaha.

Baca juga :  Baterai EV Hyundai Buatan Indonesia Diklaim Sangat Aman, Ini Alasannya

Susunan gigi transmisi AMT KTM yakni P-N-1-2-3-4-5-6. Pada posisi ‘P’ yakni Park (parkir), gigi transmisi akan mengunci dan gigi sproket tak akan berputar meskipun mesin motor dihidupkan.

Posisi ‘P’ dan ‘N’ hanya bisa diatur via tombol quickshifter pada setang, dalam kondisi mesin ON atau OFF. Mekanisme ini diyakini jauh lebih aman dibandingkan teknologi transmisi yang ada saat ini.

Masih belum diumumkan model sepeda motor mana yang akan dibekali dengan transmisi AMT. Apakah motor prototype yang sedang diuji adalah calon model 1390 atau 1490 Super Adventure? Jika benar, maka bakal jadi varian di atas model 1290 Super Adventure yang ada saat ini.

Sabar, KTM kabarnya akan meluncurkan model baru pada penghujung Oktober ini. Jadi kita tunggu saja…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x