Land Rover Defender Beach Break Edisi Khusus Untuk Anak Pantai

5 September 2024 | 3:10 pm | Rizky Dermawan

Ini adalah Defender dengan gaya ala mobil anak pantai khas Amerika yang booming di era ’70an dan ’80an. Namanya Land Rover Defender Beach Break. Sayangnya, hanya diedarkan di Amerika Serikat dalam jumlah sangat sedikit. 

Memang tak ‘semeriah’ Ford Bronco Sport Free Wheeling Edition yang juga bergaya ala mobil anak pantai era hippies. Namun ini Defender ala beach boys yang tetap terlihat gagah dan tak seperti mobil karnaval.

Basis yang digunakan pada edisi Beach Break ini adalah Defender 110. Selain bisa memuat penumpang lebih banyak, daya angkut barang bawaan di bagasi jauh lebih banyak.

Tetap Terlihat Macho

Sekujur bodi berlabur warna Tasman Blue nt dengan kombinasi atap warna putih. Warna yang bagai debur ombak di pantai. Pada sisi bodi bagian bawah dihiasi decal sticker grafis gradasi warna Kuning-Oranye-Merah plus tulisan “Beach Break”. Sedangkan di pintu belakang terpasang emblem “Beach Break 1/20” sebagai tanda model edisi khusus.

Pelek baja 20-inci model kaleng warna putih berbalut ban all-terrain menguatkan gaya khas mobil off-road bernuansa retro.

Tak banyak aksesoris yang disematkan pada bodi Defender. Hanya sebuah tangga di sisi bodi belakang, mud flap, dan cross bar. Pada sisi bodi bagian belakang dilengkapi kompartemen bervolume 24 liter. Cukup untuk memuat perabot ekstra seperti peralatan camping. Hanya saja, Land Rover tak menampilkan seperti apa kemasan interior mobil ini.

Baca juga :  Harley-Davidson Resmi Buka Dealer ke-5 di Indonesia

Pada sejumlah area sasis terutama ruang roda dilapisi powder coat agar lebih tahan korosi. Maklum, ini mobil pantai. Hawa udara dan air laut mengandung garam, sehingga sasis mobil lebih rentan berkarat.

Untuk spek performa, mesin 4-silinder 2.0-liter turbo yang dibekalkan tetap bertenaga 296 hp dengan torsi 400 Nm. Settingan transmisi automatic 8-speed dan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) pun tetap spek standar pabrikan.

Hanya ada 20 unit Land Rover Defender Beach Break Edition yang bakal beredar di seantero Amerika Serikat. Jadi cukup pantas jika harganya $71.700 atau sekitar Rp 1,1 milyar.

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x