Maserati GT2 Stradale Debut Perdana Di Monterey Car Week 2024

20 August 2024 | 6:09 pm | Rizky Dermawan

Ingin punya Maserati GT2? Sayangnya  mobil balap tersebut hanya bisa dikendarai di sirkuit balap alias versi track-only.

Jika ingin yang bisa dibejek di jalan raya, pilihannya adalah Maserati GT2 Stradale. Super sports car versi street-legal ini baru saja debut perdana di California, AS dalam acara Monterey Car Week 2024

Street-Legal GT2

Maserati GT2 Stradale basis platformnya sama dengan mobil sport coupe jalan raya Maserati MC20. Hanya saja tampilan bodi banyak mengadopsi elemen dari mobil balap GT2.

Gaya khas GT2 terlihat pada bagian depan model Shark Nose. Lubang intake depan berukuran besar dan sirip splitter pada bumper membuat tampilan jadi beda dari Maserati MC20. Ditambah air scoop pada sisi bodi.

Di belakang terpasang diffuser cukup besar dan sayap spoiler serat karbon berukuran besar. Kemiringan sudut bilahnya pun bisa disetel. Perangkat yang satu ini dikatakan mampu meningkatkan gaya tekan aerodinamika setara 500 kg saat melaju di angka 280 km/jam. 

Kokpit Minimalis

Sports car made in Modena tampil minimalis tapi tetap terlihat mewah dan stylish. Jok balap serat karbon dibalut kulit Alcantara warna Blu Elettrico. Seat harness buatan Sabelt pun warnanya senada. Ingin jok model lain? Tentu saja bisa.

Yang unik, setirnya terdapat shift light LED yang akan menyala saat melampaui 5.500 rpm pada mode Sport maupun Corsa. Penanda waktunya oper gigi.

Baca juga :  Lini Produk SUV Andalan Chery Hadir di GIIAS Surabaya

Area konsol tengah yang berbahan serat karbon juga tampil minimalis. Hanya tersedia tuas putar kendali transmisi, serta tombol mode berkendara.

Perangkat lain yang dibekalkan hanya seperlunya. Wireless charging pad untuk smartphone serta sepasang layar digital 10.25-inci untuk panel instrumen dan infotainment. Sebagai pemanja telinga, tersedia sistem audio dengan opsi enam atau 12-speaker.

Maserati 3.0 V6 Twin-

GT2 Stradale dibekali mesin Nettuno 3.0-liter V6 twin-turbo yang serupa dengan Maserati MC20. Hanya saja sudah disetting ulang dan diupgrade walau tak seberingas Maserati MCXtrema.

Output tenaga naik 10 hp menjadi 631 hp, namun torsi maksimum dibuat 10 Nm lebih jinak sehingga menjadi 720 Nm. Tentunya agar perbandingan tenaga dan torsi jadi lebih seimbang.

Berbekal transmisi automatic 8-speed kopling ganda, GT2 Stradale bisa melesat hingga 100 km/jam dalam waktu 2,8 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 324 km/jam.

Upgrade Ala Balap

Tak hanya perangkat aerodinamika dan performa saja yang ditingkatkan mendekati spek versi balap.

Pelek ukuran 20-inci berbalut ban semi-slick Michelin Pilot Sport Cup 2 R. Tak hanya itu, bobot mobil pun jadi 60 kg lebih ringan dari Maserati MC20 standar.

Setup suspensi dan limited-slip differential juga di-upgrade dengan versi balap milik GT2. Demikian pula dengan rem cakram keramik karbon lansiran Brembo. Sistem ABS pada rem, fitur ESC dan kalibrasi MSP juga sudah spek balap seperti GT2. 

Baca juga :  Toyota Siapkan GR Supra GT4 EVO2 Untuk Musim Balap 2025

Jika ingin spek dan kelengkapan balap berstandar FIA yang lebih lengkap, tersedia opsi Performance Plus. Hanya saja Maserati GT2 Stradale ini harganya tak disebutkan nominalnya berapa. 

 

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x