Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series, Akhirnya Ada Maybach Convertible

21 August 2024 | 11:03 am | Rizky Dermawan

Event otomotif Monterey Car Week yang berlangsung akhir pekan kemarin di pesisir California, AS dimeriahkan beragam mobil menakjubkan. Salah satunya adalah 2026 Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series.

Ya, akhirnya Mercedes-Maybach punya varian SL convertible. Meskipun statusnya baru perkenalan, belum dijual. 

Warna bodi adalah yang pertama dilihat, terlebih untuk mobil supermewah sekelas Mercedes-Maybach. Tak heran jika bodi Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series dilabur dengan warna yang diracik khusus.

Ada dua tema warna bernuansa mewah yang ditampilkan, “Red Ambience” dan “White Ambience”. Keduanya merupakan warna two-tone yang disesuaikan dengan selera pelanggan setia Mercedes-Maybach.

Red Ambience menampilkan laburan warna MANUFAKTUR Garnet Red Metallic dengan kombinasi warna Obsidian Black Metallic. Bagi yang suka dengan gaya kalem, White Ambiance mengkombinasikan putih kemilau MANUFAKTUR Moonlight White Magno dengan warna Obsidian Black Metallic.

Kedua tema warna two-tone pada eksterior nampak serasi dengan interior berlapis kulit Nappa berwarna MANUFAKTUR Crystal White Exclusive. Kemasan interior kian terlihat mewah dengan imbuhan aksen silver chrome. Nuansa kemewahan khas Mercedes-Maybach. 

Karena ini adalah model convertible, maka konstruksi atap lipat jadi perhatian utama. Saat atap lipatnya dalam posisi terpasang, kabin mobil ini tetap kedap dan suara berisik tidak merembes masuk. 

Atap soft top pun dapat terlipat secara otomatis dalam waktu 16 detik. Dalam posisi terlipat, akan tersembunyi di belakang head rest dan dibungkus kain kanvas warna hitam bermotif Maybach.

Baca juga :  Inikah Calon Mobil Balap BMW M2 Racing Generasi Kedua?

Satu hal yang jadi keistimewaan dari mobil lansiran Mercedes-Maybach yakni mobil dirakit secara handmade. Tak hanya panel bodi saja. Jok, panel interior hingga seluruh emblem yang terpasang pada mobil ini digarap oleh para seniman khusus.

Performa Cukup Menggiurkan?

Di balik bonnetnya yang panjang terpasang mesin V8 4.0-liter twin-turbo. Muntahan tenaga maksimumnya yang sebesar 585 hp bermain di rentang 5.500-6.500 rpm. Sedangkan torsi puncak sebesar 800 Nm mengisi di putaran 2.500-5.000 rpm.

Transmisi automatic 9-speed 9G-TRONIC dipadukan dengan sistem penggerak full variable all-wheel drive (AWD) 4MATIC+ untuk mengolah penyaluran tenaga dan torsi ke poros roda.

Untuk aksi sprint 0-100 km/jam diklaim mampu dicapai dalam waktu 4.0 detik. Hanya saja kecepatan maksimum dikunci mentok di 259 km/jam. Dengan catatan potensi performa yang dimiliki, tentu saja masih bisa disetting agar lebih ganas.

Saat ini para peminat Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series bisa menghela nafas panjang. Tanggal launching resmi dan label harga mobil ini belum diumumkan. Diprediksi bakal mulai beredar pada pertengahan tahun 2025 mendatang.

 

5 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x