Mitsubishi Triton 2023 Ditampilkan Sebagai Concept XRT

21 March 2023 | 2:12 pm | Indra Alfarisy

Kabar soal Mitsubishi Triton 2023 akan berganti generasi sudah berhembus lama. Bahkan dalam penjabaran bisnis jangka menengah Mitsubishi, “Challenge 2025” jelas ditunjukan kalau pickup double cabin ini akan hadir Juli ini.

Untuk membukakan jalan, Mitsubishi menampilkan sosok double cabin bernama Mitsubishi XRT Concept. Sosoknya jelas tertutup oleh kamuflase yang nyentrik. Tapi wujudnya jelas ini Triton baru. Beberapa fitur eksterior juga diperlihatkan seperti grill dan fender berdesain mengotak.

Mitsubishi XRT

Bentuk lampu depan dan belakang masih tertutup, tapi tepat di bawah garis kap mesin terpasang DRL. Yang berganti adalah bentuk kabin bagian belakang yang menempel ke bak. Biasanya, Triton punya ciri khas gap antara kabin dan ruang kargo membentuk ‘J’. Makanya disebut J-Line. Pada generasi baru ini hilang. Dan itu ada alasannya.

Mobil ini akan menggantikan Triton generasi kelima yang sudah beredar sejak 2014. Sempat facelift memang pada 2018 lalu. Seiring dengan berjalannya waktu dari pertama kalinya Triton generasi yang ada sekarang, Mitsubishi mengalami perubahan yang signifikan, sebagai sebuah perusahaan.

Paling signifikan adalah, mereka bergabung ke aliansi Renault-Nissan. Kenapa bisa bergabung, itu cerita lain waktu. Tapi merger ini menghasilkan beberapa produk yang menarik. Mitsubishi ASX (Outlander Sport) generasi baru hadir berbasis Renault Captur, Colt juga basisnya sekarang Clio.

Baca juga :  VinFast VF 5 Plus Beradu Dengan Wuling Binguo dan Neta V?

Mitsubishi XRT Triton

Hasil Kolaborasi Dengan Nissan

Dan Triton baru ini ini, dirumorkan berbagi platform dengan Nissan Navara. Tentu, dengan berbagai peningkatan yang sesuai. Selain platform, ada beberapa komponen lain plus, dimensinya akan lebih besar. Itulah kenapa, hasilnya adalah Mitsubishi Triton yang lebih mengotak dengan wheelbase yang seperti lebih panjang. Bahkan kalau diperhatikan, kaca samping itu bentuknya mirip Navara.

Pertanyaan berikutnya tentu, pakai mesin apa? Ini masih belum ketahuan. Tapi rasanya sah saja kalau menebak pikap ini akan pakai mesin 4N15 yang dipakai sekarang. Tentunya dengan peningkatan.

Hal lain yang menarik dari XRT Concept ini adalah nama dan grafis yang menutupi mobil. XRT mungkin bisa merepresentasikan kembalinya Mitsubishi ke ajang motorsport, terutama rally, terutama rally jarak jauh. Garis vertikal di samping seperti melambangkan logo Ralliart, yang tahun lalu bangkit menaklukan medan reli jarak jauh Asia Tenggara.

Triton generasi enam

Atau, nanti mungkin kita akan melihat versi ‘gila’ Mitsubishi Triton? Kita tunggu saja bulan Juli 2023. Yang jelas, akan ada versi elektrik untuk mobil ini.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x