Porsche meluncurkan 911 GT3 2025 semalam (18/10), mobil ini terdengar penting karena tonggak penting dalam rangka merayakan ulang tahun ke-25 seri GT3 yang ikonik. Hadir dalam dua versi yaitu GT3 dan GT3 Touring.
911 GT3 yang dijuluki 992.2, dibekali sederet perubahan, sambil tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu mesin flat-six naturally aspirated.
Secara visual, GT3 2025 menampilkan pembaruan yang halus namun berdampak. Fasia depan telah didesain ulang dengan bemper yang diperbarui dan elemen serat karbon, yang meningkatkan estetika dan aerodinamika. Bagian bawahnya terbuka lebar untuk mengalirkan udara.
Sementara di belakang, terlihat diffuser baru menjanjikan aerodinamika yang mumpuni saat diperlukan.
Selain itu, GT3 terbaru juga mengusung reduksi bobot yang signifikan. Menurut rilis Porsche, mobil kencang ini beratnya hanya 1.420 kg. Didapat dari penggunaan sport seat berbahan CFRP, pelek alloy ukuran 20 dan 21 inci (ada opsi pelek magnesium yang lebih ringan lagi), dan sebagainya.
Tidak Ada Hybrid
Mesin dengan kapasitas 4,0 liter ini mampu menghasilkan tenaga 510 hp pada 9.000 rpm, dengan torsi puncak 450 Nm. Yang kami salut, meskipun standar emisi makin lama makin ketat, Porsche berhasil mempertahankan GT3 untuk tidak menggendong teknologi elektrifikasi. Tidak seperti saudaranya yang menggendong penggerak hybrid.
Hal ini dicapai berkat pengembangan filter partikulat gas dan catalytic converter yang canggih. 911 GT3 2025 punya dua filter partikulat, serta empat catalytic converter.
Tidak hanya itu, untuk peningkatan, Porsche memanfaatkan noken as dari GT3 RS, oil cooler baru serta perubahan pada kepala silinder.
Sistem penggerak tersebut dipadukan dengan dua opsi transmisi. Manual enam percepatan atau DCT 7-speed. Khusus untuk transmisi manual, Porsche melakukan perubahan rasio gigi akhir. Ini untuk menjawab keluhan konsumen soal rasio final gear yang terlalu panjang.
Di bagian kaki-kai, Porsche mengintegrasikan keberhasilan suspensi GT3 RS. Beberapa bagian suspensi mengambil bentuk aerofoil untuk meningkatkan downforce dan aliran udara.
Link bagian bawah dari konstruksi double wishbone, diposisikan serendah mungkin untuk mengurangi efek menukik saat pengereman. Menjanjikan kestabilan aerodinamika dari depan hingga ke belakang.
Ban ukuran 255/35 R20 terpasang di depan. Sementara belakangnya 315/30 R21 dengan pelek standar berbahan alloy.
Berapa Harganya?
Porsche 911 GT3 2025 mulai dari $224.495. Ingat, mulai dari. Untuk pertama kalinya Porsche membekalkan Weissach Package untuk keluarga GT3. Isinya beragam, mulai pelek Magnesium yang lebih ringan, atap carbon fiber, anti roll bar, dan sederet opsi lainnya.
Khusus untuk versi Touring Package, Anda bahkan bisa memesan dengan tambahan kursi belakang. Sesuai namanya, 911 GT3 Touring memang didesain untuk berjalan jauh, dengan performa khas sebuah GT3.