Ribuan Fans Subaru di California Sambut Kemunculan BRZ tS Terbaru

26 July 2023 | 3:27 pm | Rizky Dermawan

Meluncurkan model mobil terbaru dalam event otomotif merupakan trik marketing yang jitu. Seperti yang dilakukan oleh Subaru dalam festival 2023 Subiefest di California pada 23 Juli 2023 lalu. Sport coupe BRZ tS model tahun 2024 tampil perdana di tengah ribuan fans Subaru.

Imbuhan label “tS” yang disematkan  merupakan singkatan dari “tuned by STi”. Bukan sekadar label yang membedakan dari BRZ standar. Racikan mobil ini memang sedikit berbeda walau bukan murni spek STi seutuhnya.

Dapat ditebak, para pengunjung pun begitu penasaran dan sangat antusias untuk melihat mobil ini lebih dekat. Sebuah pertanyaan yang serempak terlontar adalah…apa bedanya dari BRZ ‘biasa’?

Sentuhan Upgrade Ringan

Para pecinta Subaru di Amerika Serikat sebenarnya sudah melihat sekilas foto dari BRZ tS terbaru. Sederet foto teaser telah diunggah beberapa hari sebelum launching. Namun tetap saja, rasanya kurang puas jika tak melihat wujud resminya bukan?

Ubahan paling terlihat pada tampilan eksterior yakni sirip diffuser dan juga sayap spoiler belakang berukuran besar dengan desain baru plus antena sirip hiu di atap belakang. Pada grille dan kap bagasi tersemat emblem khusus sebagai penanda. Tak terlalu banyak perbedaan dari BRZ biasa.

Pelek aluminium 18-inci berwarna Dark Grey Metallic berbalut ban Michelin Pilot Sport 4 pada BRZ tS modelnya berbeda dari BRZ standar.

Baca juga :  GWM Tank 300 Sengaja Pakai Gaya Unik dan Desain Retro

Pada area interior, dilengkapi jok sport berbahan kulit warna biru. Pada tombol START dan panel instrumen tertera logo “STi”. Fitur lainnya pada area interior tak berbeda dengan BRZ biasa.

Untuk sistem rem, BRZ tS kini dibekali seperangkat rem cakram lansiran Brembo dengan kaliper rem berkelir Gold. Roda depan menggunakan kaliper rem 4-piston. Sedangkan roda belakang dengan kaliper 2-piston.

Nah untuk sistem suspensi pun ternyata terdapat perubahan. Sejak 2018, BRZ menggunakan suspensi Sachs dari Jerman. Demikian pula dengan saudaranya yakni Toyota GR86. Tapi untuk varian terbaru ini sistem suspensinya buatan Hitachi dengan racikan dari team STi.

Fitur EyeSight Untuk Varian Tiga Pedal

Mesin boxer 4-silinder 2.4-liter yang diusung tak ada perubahan spek. Output tenaga sebesar 228 hp dan torsi maksimum 249,5 Nm sama seperti model BRZ standar.

Dengan demikian, catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam masih di kisaran 5,4 detik. Top speed pun kemungkinan masih 225 km/jam.

Untuk model ini hanya tersedia versi bertransmisi manual 6-speed. Sedangkan transmisi automatic 6-speed jadi paket opsional dan harganya sedikit lebih mahal.

Sistem bantu berkendara EyeSight pada BRZ sebelumnya hanya dibekalkan pada varian bertransmisi automatic. Nah, pada BRZ tS ini sistem EyeSight dibekalkan pada varian tiga pedal.

Jaringan dealer Subaru di AS akan mulai menerima stok BRZ tS paling cepat pada akhir tahun ini hingga Januari 2024. Mengenai spek detail dan harga jual resminya, akan diumumkan oleh pihak pabrikan dalam beberapa waktu mendatang.

Baca juga :  Scomadi Launching Skuter Edisi Balap Dan Versi Spesial Bertema HUT RI Di GIIAS 2024

Para konsumen di AS tak perlu khawatir kehabisan stok. Subaru BRZ tS model tahun 2024 ini tak masuk kategori “Limited Edition” alias tetap model reguler. Tak seperti model BRZ “First Edition” tahun 2018 yang jumlahnya hanya ada 500 unit.

Dengan demikian, dapat diperkirakan harga jualnya bakal berada di kisaran $30,000 atau sekitar Rp 405 jutaan (off the road). Tak jauh beda dari Subaru BRZ model tahun 2023 dan juga Toyota GR86 model tahun 2024. Akankah Indonesia bakal kebagian jatah?

4.8 6 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x