Suzuki Pamit Dari British Superbike Championship

19 February 2023 | 12:01 pm | Rizky Dermawan

Sebuah kabar mengejutkan datang dari pabrikan sepeda motor berlogo huruf “S”. Suzuki secara mendadak mengumumkan menarik diri dari ajang balap British Superbike Championship (BSB). Pihak pabrikan menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan bagian dari kebijakan strategi perusahaan. Ada apa gerangan?

Kabar mundurnya Suzuki dari British Superbike Championship 2023 hanya berselang sehari setelah tim balap Hawk Racing tak lagi bekerjasama dengan Suzuki. Dalam kurun waktu sembilan bulan terakhir, Suzuki telah menarik diri dari sejumlah kejuaraan balap motor kelas dunia.

Dimulai dengan keputusan untuk pamit dari MotoGP mulai musim balap 2023 yang diumumkan pada Mei 2022 lalu. Kemudian disusul dengan keputusan untuk tak lagi melanjutkan program balap ketahanan Endurance World Championship yang diumumkan sejak Juli 2022 lalu.

Pada ajang British Superbike musim balap tahun 2023 ini, Suzuki tak lagi turun sebagai tim pabrikan dan mengakhiri kerjasama dengan tim balap Hawk Racing yang telah terjalin sejak tahun 2017.

Mulai musim balap tahun ini anda tak akan lagi melihat Suzuki GSX-R1000R pada starting grid di sirkuit balap Inggris. Ternyata tak hanya pamit dari ajang balap Superbike di Inggris, tapi Suzuki GSX-R1000R juga tak lagi dipasarkan di Eropa.

Sebagai gantinya, Hawk Racing di ajang BSB musim balap tahun 2023 bakal menerjunkan motor Honda CBR1000RR-R yang ditunggangi dua rider mereka yakni Charlie Nesbitt dan Josh Owens.

Baca juga :  IIMS 2024: Bukan Cuma Ban, Bridgestone Tampilkan Karya Seni

Perpisahan antara Hawk Racing dengan Suzuki berkaitan dengan keputusan Suzuki yang tak hanya ‘mengerem’ program balap. Model moge GSX-R1000 pun masih belum jelas apakah bakal muncul generasi terbarunya atau tidak.

Dalam pernyataan resmi yang diumumkan oleh Suzuki, strategi balap global Suzuki untuk saat ini adalah ‘tidak ikut balapan’. Pun demikian, pihak pabrikan asal Jepang ini menyatakan bakal tetap mendukung para pengguna motor balap Suzuki melalui Race Parts Programme. Ya, dapat disimpulkan Suzuki akan lebih berperan pasif di kancah balap. Sayonara Suzuki Racing…

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x