Team Classic Suzuki Terjunkan GSX-R1000 K1 Di Balap Ketahanan Motor Klasik Eropa

12 May 2023 | 12:57 pm | Rizky Dermawan

Tak hanya motor balap generasi terbaru saja yang memiliki kejuaraan balap ketahanan. Motor balap klasik berusia gaek juga punya, European Endurance Cup (EEC). Sebelumnya bernama European Endurance Classic Cup (EECC)

Salah satu peserta favorit adalah Team Classic Suzuki (TCS), yang telah ikut balap ini sejak tahun 2017.

Mereka mengandalkan motor balap GSX1100SD Katana sesuai regulasi batas usia motor. Body putih dikemas livery warna khas Team Classic Suzuki yakni Powder Blue/Navy/White.

Pada tahun ini terdapat perubahan regulasi. Batas maksimum usia motor peserta dilonggarkan. Motor termuda dari sebelumnya mentok buatan 1989, kini menjadi tahun 2001. Tujuannya agar dapat menjaring lebih banyak peserta. Kapasitas mesin tak berubah, tetap 349 cc – 1.300 cc yang terbagi dalam beberapa kelas.

Team Classic Suzuki pun menyambut regulasi baru tersebut dengan menyiapkan GSX-R1000 K1 yang merupakan GSX-R generasi pertama. Seri perdana tahun ini berlangsung di Circuit Paul Ricard, Le Castellet, Perancis pada 5-7 Mei 2023.

“Kami telah lama berlaga dengan Katana di berbagai kejuaraan balap ketahanan Eropa, juga di balap Classic TT (Tourist Trophy). Kami menyambut kelonggaran pada regulasi baru tahun ini dengan sebuah GSX-R.”ungkap Kepala Mekanik Team Classic Suzuki, Nathan Colombi.

“Penantian yang cukup lama bagi GSX-R1000, dan kini saatnya untuk bisa unjuk kemampuan di ajang balap motor klasik. ,” imbuh Colombi.

Baca juga :  Suka Beli Mobil dengan Prinsip Value for Money atau Jual Kembali?

Pembalap motor supersport kawakan asal Inggris, Danny Webb dan Al Fagan, co-founder situs otomotif 44Teeth menjadi rider Team Classic Suzuki tahun ini. Keduanya selama 4 jam bergantian membesut motor GSX-R1000 K1 mengelilingi sirkuit Paul Ricard di seri Le Castellet 4 Hours 2023.

Balap ketahanan sangat berbeda dengan Grand Prix maupun Road Race. Mesin dan transmisi harus tahan disiksa selama berjam-jam konstan pada kecepatan tinggi. Oleh sebab itulah para mekanik Team Classic Suzuki merombak ulang mesin dan transmisi GSX-R1000.

Sejumlah komponen mesin diganti dengan spek balap berbahan titanium yang ringan dan kuat. Parts high performance lansiran Yoshimura pun turut dibekalkan, antara lain pada kem dan sistem saluran gas buang. Selain ubahan setup pada gigi sproket depan dan gir belakang, plat kopling pun diganti dengan versi heavy duty. Rasio gigi transmisi pun disetting sesuai karakter sirkuit Paul Ricard yang memiliki sejumlah trek lurus yang cukup panjang.

Garpu depan menggunakan jeroan pegas F-Tech. Sedangkan monoshock belakang menggunakan lansiran K-Tech. Frame aluminium alloy bawaan GSX-R1000 dipadukan dengan swing arm dari GSX-R750 spek motor balap ketahanan. Sistem rem depan dan belakang dipercayakan pada cakram dan kaliper lansiran Brembo yang terpasang pada velg OZ Racing.

Yang utama, soal tampilan tetap dengan livery khas Team Classic Suzuki. Mantap!

 

Baca juga :  Bikin Pabrik di Subang, Titik Awal Strategi VinFast di Indonesia

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x