Toyota Land Cruiser 250 Dijual Di Jepang Tanpa Mesin Hybrid Dan Prado

24 April 2024 | 4:27 pm | Rizky Dermawan

Setelah dinantikan kemunculannya, Toyota Land Cruiser 250 akhirnya resmi beredar di Jepang. Generasi terbaru ini tak lagi pakai label “Toyota Prado” yang telah begitu dikenal oleh para konsumen Jepang sejak tahun 1990.

Apa yang membedakan versi Japan Domestic Market (JDM) ini dengan versi negara lainnya?

Tanpa Mesin Hybrid

Versi yang beredar, cotohnya, di kawasan Amerika Utara hanya tersedia opsi mesin bensin 4-silinder 2,4-liter i-FORCE MAX hybrid . Di Eropa dan Australia dibekali mesin diesel mild hybrid. Di Jepang justru kebalikannya, tak ada opsi mesin hibrida sama sekali.

TLC 250 versi Jepang hanya tersedia dua opsi mesin: 2,8-liter turbodiesel serupa Fortuner dan mesin bensin berkapasitas 2,7-liter. Benar-benar mesin peminum juice dinosaurus.

Varian teratas (ZX) hanya tersedia opsi mesin 4-silinder 2.8-liter direct-injection turbodiesel berkode 1GD-FTV yang bertenaga 201 hp dengan torsi maksimum 500 Nm. Transmisi hanya ada versi automatic 8-speed Direct Shift.

Toyota Prado JDM

Untuk varian GX dan VX tersedia opsi mesin bensin 4-silinder 2,7-liter Dual VVT-I berkode 2TR-FE yang bertenaga 160 hp dengan torsi 246 Nm. Transmisinya pun hanya versi automatic 6-speed Super ECT.

Untuk sistem penggerak menggunakan 4WD penuh. Sistem penyaluran daya dan torsi ke poros roda kian sempurna berkat perangkat Torsen limited slip differential (LSD) pada differential tengah serta electronic differential lock pada gardan belakang.

Baca juga :  Mitsubishi ASX 2024 Diperlihatkan, Simpel Tapi Asik

First Edition

Pengendaraan di berbagai kondisi jalan Tak perlu diragukan. Tersedia enam mode berkendara yang dapat dipilih via sistem Multi-Terrain Select. Mobil ini pun dilengkapi fitur Multi-Terrain Monitor untuk memonitor kondisi permukaan jalan.

Toyota Prado 1st Edition

Empat kamera pemantau yang terpasang di kolong sasis bagian depan dan belakang akan merekam kondisi trek yang dilalui. Jadi tak perlu lagi melongok ke luar jendela, cukup memantau via layar dashboard.

Kemasan interior tersedia opsi warna Black dan Dark Chestnut bernuansa kecoklatan. Nuansa warna coklat pada interior menguatkan kesan elegan dan tak pernah membosankan.

Perbedaan paling mencolok justru pada model “First Edition” yang memang hanya beredar di Jepang. Paling gampang menandainya berkat lampu depan bulat. Terdapat imbuhan label “First Edition” pada pintu. Kemasan pada panel interior berlapis kulit dengan imbuhan aksen titanium yang disisipkan tak terlalu mencolok.

Sistem keselamatan dan bantu berkendara terpadu Toyota Safety Sense terdapat pada varian model GX, VX maupun ZX. Untuk fitur ADAS Toyota Teammate hanya tersedia pada varian teratas yakni ZX reguler dan model “First Edition”.

Label harga Toyota Land Cruiser 250 yang tidak lagi Prado ini mulai dari ¥5.200.000 (Rp 545 jutaan) untuk model entry-level GX 5-seater. Sedangkan untuk varian model teratas yakni ZX “First Edition” 7-seater label harganya mulai dari ¥7.850.000 (Rp 823 jutaan).

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x