Toyota Tengah Uji Coba Calon Camry Model Terbaru

8 May 2023 | 2:57 pm | Rizky Dermawan

Toyota Camry sedan generasi kesembilan bakal segera muncul? Tentu saja…Di pasar domestik Jepang, Toyota Camry mungkin telah tutup buku setelah berkiprah selama 43 tahun. Namun tidak demikian untuk pasar di luar Jepang. Amerika Serikat adalah salah satunya. Camry sangat populer dan diminati di berbagai belahan dunia lain, termasuk Indonesia dan Amerika Serikat.

Sebuah prototype berselubung kamuflase kepergok tengah berseliweran di jalan raya sekitar wilayah Michigan, AS. Mobil berwujud sedan 4-pintu tersebut diduga merupakan calon generasi terbaru Camry yang tengah menjalani uji jalan. Akhirnya muncul juga.

Sejak beberapa bulan lalu memang tersiar kabar bahwa Toyota tengah mengembangkan versi terbaru dari sedan kelas menengah tersebut.

Masih Tetap Eksis

Camry yang beredar di pasar luar Jepang saat ini merupakan generasi kedelapan. Pertamakali diperkenalkan pada tahun 2017 silam sebagai model tahun 2018.

Model tahun 2024 yang dipasarkan di AS saat ini hadir dalam tiga opsi mesin. Variant entry level dilengkapi mesin 4-silinder 2.5-liter yang bertenaga 203 hp. Versi hybrid dengan mesin yang sama memiliki output 208 hp. Sedangkan varian teratas dibekali mesin 3.5-liter V6 bertenaga 301 hp.

Perubahan apa saja yang akan terjadi pada calon All-New Camry nantinya?

Daftar Opsi Mesin Bakal Berubah?

Dari segi efisiensi konsumsi BBM, varian mesin bensin 4-silinder dan versi hybrid yang saat ini digunakan terbilang cukup ekonomis. Namun untuk mesin V6 ada kemungkinan bakal diganti.

Baca juga :  Main Tanah Anti Deg-degan Bareng Subaru S-AWD dan X-Mode

Calon pengganti yang paling mendekati kemungkinan berbagi kesamaan dengan Toyota Crown crossover. Pasalnya, Camry (XV70) dan Crown crossover (S53) menggunakan platform TNGA yang sama yakni GA-K.

Dengan rancang bangun platform yang serupa, maka mesin dan transmisi Crown pun dapat diadopsi. Biaya produksi dapat ditekan.

Varian mesin 4-silinder 2.4-liter turbo berkode T24A-FTS yang digunakan oleh Crown crossover outputnya memang tak sebesar mesin V6, hanya 268 hp dengan torsi 400 Nm. Namun mesin ini memiliki versi hybrid yakni Hybrid Max. Outputnya lebih besar yakni 340 hp dengan torsi 542 Nm.

Camry Mengadopsi Elemen Crown Crossover?

Selain prediksi adanya perubahan pada daftar opsi mesin, masih belum banyak petunjuk yang muncul.

Namun dilihat secara sepintas, siluet body calon Camry terbaru sedikit lebih ramping ke arah belakang. Tarikan garis body depan dan belakang pun lebih tegas. Headlamp dan lampu belakang kemungkinan bakal mengadopsi desain dari Crown crossover. Kapasitas bagasinya pun bakal mengalami perubahan volume.

Perihal area interior memang masih gelap, namun dapat dipastikan bakal ada perubahan tampilan. Terutama pada area dashboard yang meliputi panel layar instrumen dan layar digital penampil fitur infotaintment.

Sejumlah fitur berkendara berbasis ADAS pun bakal mengalami update. Mungkin mengacu pada konten fitur dari Crown crossover.

Kapan generasi terbaru Camry bakal diungkap resmi hingga saat ini masih dirahasiakan. Mungkin saja bakal debut perdana pada event Los Angeles Auto Show di penghujung tahun ini dan ditampilkan sebagai model tahun 2025.

Baca juga :  Michelin Jajal Teknologi Ban Luar Angkasa di Le Mans

Jika memang benar demikian, maka mobil tersebut bakal mulai diproduksi paling cepat pada kwartal kedua tahun 2024 mendatang.

Trend model crossover maupun SUV memang terus marak. Namun model sedan seperti Toyota Camry memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Sumber: Autoevolution

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x